Tanda-Tanda Ciblek Mabung di Luar Waktunya

Advertisement
Advertisement
Menerapkan pola perawatan yang tepat merupakan perkara wajin untuk setiap pemilik Burung Ciblek. Dengan cara ini, kesehatan dan performa burung akan lebih terjaga. Fenomena abnormal pada burung akan terhindarkan dengan cara ini. Salah satunya adalah fenomena burung yang mabung di luar waktunya.

Umumnya, burung yang mabung di luar waktu normal ialah burung dewasa atau tua. Burung-burung ini biasanya kekurangan asupan vitamin dan protein yang cukup. Pemberian pakan kering seperti voer memang penting. Tapi jika tidak diimbangi dengan asupan extra food (EF)/makanan ekstra yang berprotein dan bervitamin, burung akan memiliki kecenderungan mengalami hal tersebut.

ciblek mabung

Tanda-Tanda Burung Mabung di Luar Waktunya
Berikut adalah tanda-tanda Ciblek yang mabung di luar waktunya, yang bisa Anda jadikan indikasi untuk penanganan lebih lanjut:
1. Burung sering terlihat mengembangkan bulunya.
2. Burung terlihat lebih gemuk, sehingga penampilan pun cenderung berbeda dan lebih besar.
3. Adanya bulu halus yang rontok.
4. Tumbuhnya rambut putih yang mirip uban di are leher dan kepala.

4 tanda di atas merupakan tanda umum yang sering terlihat saat burung akan mabung di luar waktu normal. Saat menemukan tanda tersebut, baiknya terapkan perawatan khusus mabung, khusunya pemberian EF, air bersih, dan vitamin khusus mabung.

Perawatan untuk Ciblek yang Mabung di Luar Waktunya
Di bawah ini ialah tata cara yang bisa dilakukan untuk menangani kondisi burung yang mabung di luar waktu normal:
1. Pertama, tutuplah sangkar burung dengan setengah kerodong, lalu bertahap diangkat setelah proses perawatan ini menginjak 4 hari.
2. Berikan pakan berupa EF dan voer dengan porsi mabung, jangan lupa juga untuk memperhatikan ketersediaan air bersih dalam cepuk.
3. Mandikan burung dengan metode sprayer dan air beras. Dengan metode ini, pertumbuhan bulu burung akan lebih cepat dan efektif.
4. Untuk menjaga kesehatan dan stamina saat mabung, jangan lupa untuk memberikan multivitamin yang cukup.
5. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai kondisi burung membaik dan proses mabung berakhir.

Cara merawat Ciblek mabung di luar waktunya di atas bisa Anda terapkan untuk burung dengan kondisi serupa. Dengan cara di atas, diharapkan burung akan mampu menjalani proses mabung ini dengan lancar dan cepat.