Mengupas Segala Permasalahan Pleci dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Advertisement
Permasalahan Pleci pastilah selalu Kita temui saat merawat atau pun membudidaya burung ini. Akan tetapi, walaupun sering menemui permasalahan, namun minat dan keinginan untuk merawat burung ini tidak kan pernah hilang, benar bukan? Ingat, permasalahan ini hanyalah halangan semata, jika ditangani dengan baik, maka permasalahan ini pun akan hilang dengan sendirinya.

Berbicara mengenai permasalahan burung, tahukah Anda, apa sajakah permasalahan yang sering dialami oleh burung ini? Dan bagaimana pula cara mencegah dan mengatasinya?

permasalahan pleci

Permasalahan Pada Pleci
Permasalahan pada burung ini sejatinya cukup banyak, bahkan bisa sangat banyak jika perawatannya tidak benar. Namun dari keseluruhan permasalahan tersebut, hanya ada beberapa permasalahan saja yang umumnya terlihat dan sering dijumpai. Lalu, permasalahan pada burung Pleci apa saja yang dimaksud?

Nah, berikut adalah beberapa permasalahan yang umunya dialami pemilik dalam merawat dan melatih burung ini:

1. Salto
Burung yang suka salto umumnya burung yang tidak tenang dan canderung stres. Dengan kata lain, Ia melakukan hal tersebut atas dasar tidak nyamannya Dia akan situasi, kondisi, dan perawatan yang Ia dapatkan.

2. Burung yang tidak mau makan voer
Sebenarnya tidak hanya burung berkacamata ini saja yang memiliki masalah seperti ini, karena hampir seluruh burung kicauan pasti memiliki perilaku tersebut. Hal ini umumnya terjadi karena ketidak sukaan burung akan voer yang Ia dapatkan, entah karena voer tersebut kotor, tidak Ia sukai, atau pun burung tersebut sudah benar-benar tidak mau makan voer lagi.

3. Over birahi
Permasalahan yang dialami Pleci ini sebenarnya juga dialami juga oleh burung kicauan lainnya. Hanya saja, burung ini sendiri memiliki birahi yang sangat mudah naik. Dengan kata lain, jika Anda berlebihan sedikit saja dalam menaikan birahi burung, maka burung ini pun akan langsung OB.

Cara Mengatasi Permasalahan Pada Pleci
Nah, setelah Kita mengetahui apa saja permasalahan yang umumnya dialami burung ini, maka sekarang saatnya Kita mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

Adapun cara untuk mengatasi permasalahan di atas adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi salto
Cara terampuh untuk mengatasi hal adalah dengan memberikan compact disk pada langit-langit sangkar. Cara mengatasi permasalahan Pleci ini memang terlihat mudah. Tapi jika dilakukan dengan baik, maka perilaku salto yang sering dilakukan burung ini pasti akan berkurang dan berangsur menghilang.

2. Mengatasi burung yang enggan makan voer
Burung berkacamata ini sebenarnya memiliki makanan asli berupa buah, sayur, dan serangga. Dengan kata lain, jika burung memang sudah tidak bisa makan voer, Anda bisa memberinya asupan pakan aslinya saat di hutan, seperti:
a. Pepaya
b. Pisang
c. Jangkrik
d. Kroto

3. Mengatasi burung yang OB
Mengatasi OB, Anda tentu tahu dong caranya bagaimana? Ya, untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan cara-cara berikan:
a. Menghentikan asupan EF terlebih dahulu
b. Memandikan burung secara rutin
c. Memindahkan burung ke sangkar khusus sembari di rawat dengan metode perawatan untuk burung yang OB

Setelah Kita mengupas segala permasalahan Pleci dan cara mengatasinya, diharapkan Anda dapat memberikan penanganan terbaik jika permasalahan-permasalahan tersebut dialami burung Anda. Sedangkan untuk mencegah permasalahan tadi timbul kembali, Anda bisa mencegahnya dengan cara memberikan perawatan secara rutin dan intensif.