Perawatan Pleci pada Musim Hujan

Advertisement
Advertisement
Perawatan Pleci pada musim hujan sebenarnya tidaklah sulit. Pasalnya, Anda hanya perlu melakukan perawatan rutin seperti biasanya. Hanya saja, untuk menghindari udara dingin, Anda harus melakukan beberapa hal, seperti memaksimalkan peran kerodong, memaksimalkan tempat hangat, dan beberapa hal lainnya yang berguna untuk menjaga kondisi tubuh Pleci saat musim hujan tiba.

Disamping itu, selain Anda menerapkan upaya menangkal udara dingin, Anda juga perlu meningkatkan daya tahan tubuh Pleci. Pasalnya, saat musim hujan, virus dan bakteri bisa berkembang pesat dan bisa membahayakan kesehatan dari Pleci itu sendiri. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, Anda haruslah menjaga kondisi kesehatan Pleci Anda.

pleci kehujanan, pleci hujan hujan

Cara Merawat Pleci Pada Musim Hujan
Seperti yang Kami sebutkan tadi, bahwasanya virus, bakteri, dan udara dingin saat musim hujan adalah penyebab utama Pleci sakit saat musim hujan. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, Anda haruslah menerapkan beberapa upaya pencegahan dan penanganan dengan pola perawatan khusus.

Berikut ini pola perawatan Pleci saat musim hujan yang umum digunakan oleh Plecimania:

1. Pindahkan sangkar Pleci ke tempat yang hangat
Cara ini dilakukan untuk menghindari udura dingin yang bisa kepan saja masuk dan menyerang Pleci. Jadi, untuk menghindarkan Pleci dari udara dingin, Anda harrus senantiasa menempatkan sangkar Pleci pada ruangan yang hangat atau tidak terkena udara dingin. Jika Anda tidak memiliki ruangan tersebut, Anda juga menempatkan sangkar Pleci di dalam rumah Anda selagi hujan.

2. Pemandian Pleci
Saat musim hujan, Pleci umumnya akan mandi sendiri tanpa perlu Kita atur. Jadi, untuk menyikapi hal ini, Anda hanya perlu mengganti air cepuk di sangkar Pleci saja. Hal ini untuk menjaga kesehatan Pleci itu sendiri.

3. Maksimalkan proses penjemuran
Karena musim hujan, otomatis sinar matahari akan langka. Jadi, sebisa mungkin Anda harus memaksimalkan proses penjemuran Pleci. Kendati sinar matahari tersebut redup, Anda harus tetap menjemur Pleci untuk menjaga birahi dan kesehatan tubuhnya agar tetap terjaga.

4. Pakan Pleci
Saat musim hujan, Anda harus tetap menjaga pola makan dan asupan pakan yang masuk ke tubuh Pleci. Pasalnya, dengan cara seperti kondisi tubuh Pleci akan tetap sehat dan terjaga. Oh ya, jangan lupa, Anda juga wajib mengecek setiap cepuk pakan. Jika ada genangan air hujan pada cepuk, Anda wajib mengganti pakan yang ada disana dengan segera.

Demikian tips perawatan Pleci saat musim hujan. Walaupun sederhana, namun perawatan di atas sangat berguna untuk menjaga kondisi kesehatan Pleci. Oh ya, satu lagi, untuk menjaga asupan nutrisi Pleci saat musim hujan, Anda harus tetap memberikan EF dan voer dengan kualitas yang baik. Bila perlu, Anda juga bisa memberikan multivitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Pleci.