Pernak-pernik Perawatan Pleci Bakalan

Advertisement
Advertisement
Pernak pernik perawatan Pleci bakalan sangatlah banyak dan beragam. Dari mulai perawatan kebersihan, pemberian pakan, sampai pelatihan. Semua itu harus dilakukan pemilik agar burung kesayangan mereka memiliki skill dan performa yang baik. Disamping itu, perawatan ini pun digunakan untuk menjaga kondisi burung itu sendiri agar tetap fit dan prima.

Tapi pada intinya, perawatan ini sendiri berguna untuk menyiapkan bakalan agar memiliki performa, skill, dan penampilan yang baik saat Ia dewasa nanti. Hal tersebut sebenarnya tidak terlepas dari tujuan pemilik burung ini sendiri. Jika Ia menginginkan bakalan ini menjadi burung kontes, maka Ia harus merawat dan melatihnya menjadi seekor burung kontes.

pleci bakalan

Perawatan Pleci Bakalan
Untuk mendapatkan performa yang baik, ada beberapa perawatan Pleci bakalan yang harus dilakukan. Nah, adapun perawatan-perawatang yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Pemberian voer
Terkadang bakalan burung enggan untuk menfonsumsi voer, terlebih lagi jika voer tersebut kasar dan memiliki ukuran yang relatih besar. Maka dari itu, untuk mengatasi ketidak mauaan burung, Anda harus menerapkan metode seperti berikut:
a. Siapkan voer, kroto, dan air.
b. Setelah itu, larutkan voer dengan air sampai sedikit lembek dan bisa dikonsumsi bakalan burung.
c. Kemudia campurkan kroto pada adonan voer tadi.
d. Setelah itu, berikan adonan pakan tadi pada bakalan burung.

2. Pemberian tahu pada bakalan
Perawatan yang satu ini adalah perawan selingan yang bisa digunakan. Walaupun selingan, namun perawatan alternatif untuk Pleci bakalan ini sangatlah berpengaruh pada performa dan skill bakalan itu sendiri. Pasalnya, kandungan protein pada tahu ini sangat baik untuk perkembangan bakalan itu sendiri.

3. Penggantangan pada pohon yang rindang
Pelatihan ini berguna untuk memicu bakalan untuk berkicau. Karena dengan bantuan dahan pohon, bakalan akan merasakan kenyamanan tersendiri. Pasalnya, Ia akan merasakan seolah-olah berada di alam bebas. Maka dari itu, Ia akan rajin berkicau, terlebih lagi jika ada sesama burung yang berada di dekatnya.

4. Perawatan Pleci untuk mencegah perilaku salto
Perilaku salto adalah bawaan dari burung. Namun, jika perilaku ini dilakukan secara berlebihan, itu akan mengganggu kesehatan dan kondisi burung itu sendiri. Maka dari itu, pencegahan akan perilaku ini haruslah dilakukan sedini mungkin. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perilaku ini sendiri adalah dengan memberikan full kerodong terhadap burung yang baru dibeli atau pun didapatkan.

Pada dasarnya, pernak-pernik perawatan untuk Pleci bakalan di atas berguna untuk membuat performa bakalan membaik. Kendati sederhana dan mudah, namun perawatan di atas jika dilakukan secara baik dan benar akan menghasilkan performa yang baik. Tapi ingat, untuk mencapai keberhasilan, Anda haruslah sabar dan konsisten. Pasalnya, waktu menuju kebersihan setiap bakalan pastilah berbeda, ada yang lama dan ada pula yang cepat.