Perawatan Ekstra untuk Pleci Lombok

Advertisement
Advertisement
Pleci Lombok yang memiliki nama latin Zosterops Cloris Maxi adalah Pleci yang berasal dari Pulau Lombok. Menurut Plecimania, untuk mendapatkan performa terbaik dari burung ini Kita harus melakukan upaya yang  ekstra. Hal tersebut karena karakteristik yang dimiliki burung ini lain dari pada burung yang lain. Maka dari itu, metode yang dilakukan untuk burung ini pun harus khusus.

Mungkin Anda akan bertanya, kenapa Kita harus menerapkan metode khusus untuk merawat burung  ini? karena burung  ini adalah salah satu Pleci yang membutuhkan waktu yang lama untuk mampu berkicau dan gacor. Untuk itu selain menerapkan perawatan ekstra, kunci sukses dalam merawat burung ini adalah sabar, telaten, dan konsisten.

pleci jos, pleci lombok

Perawatan Khusus Untuk Pleci Lombok
Pada dasarnya, ada beberapa perawatan khusus untuk Pleci Lombok. Hanya saja, diantara seluruh perawatan tersebut, ada beberapa perawatan yang memang ampuh dan banyak digunakan oleh Plecimania. Nah, apa saja perawatan tersebut? dan, bagaimana penerapannya? Yuk Kita simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini adalah metode perawatan ekstra yang banyak digunakan untuk burung asal Lombok ini:

1. Perawatan air gula merah
Perawatan ini biasanya dilakukan untuk selingan perawatan rutin saja. Sedangkan penggunaan air gula merah sendiri berguna untuk menambah asupan nutrisi dan gizi, karena pada dasarnya gula merah sendiri mengandung zat seperti:
a. Vitamin B1
b. Vitamin B3
c. Vitamin B12
d. Vitamin C
e. Dan beberapa asupan nutrisi yang dibutuhkan Pleci lainnya.

Dalam penerapannya, pemberian perawatan air gula untuk Pleci Lombok sendiri dilakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Sedangkan pembuatannya sendiri dilakukan dengan cara mencampurkan gula dengan air yang mendidih. Setelah gula larut, gula lalu disaring dan didinginkan.

2. Pemberian pakan yang tepat
Selain pemberian air gula, untuk mencapai keberhasilan dalam merawat burung ini, Anda juga harus memilih pakan yang tepat. Disamping itu, untuk menjaga keseimbangan nutrisi Pleci, Anda juga harus menentukan porsi makan yang pas dan ideal untuk burung ini. Nah, adapun pakan yang ideal untuk burung  ini sendiri adalah sebagai berikut:
a. Kroto
b. Ulat hongkong
c. Buah dengan ukuran yang kecil

3. Pemasteran yang konsisten
Untuk hasil yang optimal, Anda harus memaster burung ini setidaknya 2-3 jam setiap hari. Adapun untuk suara masteran sendiri bisa disesuaikan. Tapi yang jelas, jika burung ini sudah menguasai sebuah suara masteran, lakukanlah penggantian suara masteran dengan segera. Hal itu untuk menambah referensi dan playlist isian pada Pleci itu sendiri.

Perawatan ekstra untuk Pleci Lombok di atas adalah perawatan yang mudah dan banyak digunakan Plecimania. Selain itu, jika Anda menerapkan perawatan-perawatan di atas dengan baik dan benar, niscaya burung kacamata asal Lombok Anda akan segera gacor dan buka paruh. Tapi ingat, perawatan ini juga harus dibarengi dengan perawatan rutin seperti mandi dan berjemur.