Penyebab Anakan Pleci Mati di Usia Dini

Advertisement
Advertisement
Anakan Pleci mati di usia dini sering sekali Kita temui, apalagi pada sarang yang terdapat banyak anakan. Dan yang mati tersebut umumnya adalah anakan yang lemah. Tapi, sebenarya apa yang terjadi sehingga anakan ini mati saat usia mereka masih sangat dini?

Perlu Anda ketahui, pasca seekor burung menetas adalah masa-masa yang kritis dan riskan. Karena jika tidak bisa bertahan dan lemah, bisa-bisa burung tersebut akan mati. Lalu, apa sebenarnya yang menyebkan hal ini?

pleci mati

Penyebab Pleci Mati di Usia Dini
Pada dasarnya, hal ini terjadi karena disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Faktor ini sendiri sebenarnya menyangkut perawatan untuk anakan itu sendiri, baik itu perawatan langsung dari indukan atau pun perawatan yang Anda berikan selaku sang pemilik. Dan jika perawatan itu salah, maka Pleci mati di usia dini pun tidak akan bisa terhindarkan.

Disamping itu, ada faktor lain yang mempengaruhi hal ini terjadi. Faktor tersebut adalah faktor lingkungan. Ya, lingkungan yang tidak bersahabat bisa saja membunuh anakan ini. Lalu, adakah faktor lain yang menimbulkan hal ini?

Faktor Penyebab Kematian Anakan Pleci Di Usia Dini
Beriku ini adalah faktor yang membuat anakan burung mati di usia dini:

1. Faktor dari sang induk betina
a. Indukan betina enggan untuk memberikan asupan makanan pada anakan
b. Indukan terlalu protektif sehingga menuntutnya untuk tetap tinggal di sangkar tanpa mencari makanan. Dan ujung-ujungnya, anaknya pun tidak mendapat asupan pakan.
c. Indukan yang ceroboh karena tanpa sengaja menginjak dan menendang anakannya saat suasana gelap.

2. Faktor dari anakan itu sendiri
a. Anakan tersebut cacat dan bisa bertahan hidup lama, sehingga anakan  burung Pleci mati di usia dini pun tidak terhindarkan.
b. Anakan saling berebut makan sehingga saling menginjak.

3. Faktor dari sarang burung itu sendiri
a. Sarang tidak nyaman dan tidak bisa memberikan kehangatan. Jadi, anakan tersebut kedinginan, dan akhirnya Ia mati karena tidak kuat menahan dingin.
b. Sarang kotor dan menularkan penyakit berbahaya yang menyebabkan kematian.

4. Faktor dari sang pemilik
a. Perawatan dari sang pemilik tidak intensif dan baik.
b. Salah dalam memberikan pakan.

5. Faktor dari lingkungan di sekitar sarang
a. Udara di lingkungan sarang terlalu dingin.
b. Adanya predator yang memangsa anakan.

Kelima hal di atas pada dasarnya sederhana, namun dapat menyebabkan kematian untuk anakan burung. Maka dari itu, jika Anda ingin anakan burung Anda tetap hidup sampai dewasa, pastikan faktor penyebab kematian anakan Pleci di usia dini seperti di atas harus diperhatikan benar-benar. Karena jika tidak, kematian anakan pastilah akan terjadi, entah itu satu atau pun dua ekor saja.