Ketahui Penyakit yang Sering Dialami Pleci

Advertisement
Advertisement
Penyakit yang sering dialami Pleci umumnya tidak jauh berbeda dengan jenis penyakit yang sering dialami burung kicau lainnya. Hanya saja, untuk penanganannya sendiri ada sedikit perbedaan. Tapi terlepas dari hal tersebut, penyakit yang sering diderita burung kicauan itu tidak juah berbeda satu dengan yang lainnya.

Lalu, apa saja penyakit yang sering dialami oleh burung kicau? Dan bagaimana pula cara penanganan dan pencegahan penyakit tersebut? Nah, agar lebih jelas mengenai apa saja penyakit yag dialami burung kicau, mari Kita simak materi di bawah ini.

pleci sakit

Penyakit yang Sering Dialami Pleci
Pada dasarnya, penyakit yang sering dialami burung kicau itu sangatlah banyak. Akan tetapi, dari semua jenis penyakit, hanya beberapa saja yang sering dijumpai. Penyakit yag sering dialami burung Pleci pun tidak hanya satu atau pun dua, tapi cukup banyak. Lalu, apa saja penyakit yang dimaksud?

Nah, berikut adalah nama-nama penyakit yang umumnya sering dialami burung berkacamata ini:

1. Gangguan pernapasan
Penyakit ini umumnya disebabkan karena kondisi udara yang terlalu dingin, atau bisa juga disebabkan karena bakteri E. Colli yang menyerang tubuh burung.

2. Penyakit berak kapur
Penyabab utama dari penyakit ini adalah karena adanya bakteri Salmonella yang menyerang saluran pencernaan burung. Ciri utama burung yang memiliki penyakit ini adalah kotoran yang berwarna putih dan mirip seperti kapur.

3. Penyakit mata
Penyakit ini pada dasarnya disebabkan karena vierus Hemopillus yang menerang mata burung. Salah satu ciri yang paling terlihat dari penyakit ini adalah kondisi mata burung yang bengkak dan berair.

4. Penyakit cacing
Penyakit cacingan adalah penyakit yang sering menyerang burung Pleci. Penyakit ini biasanya disebabkan karena adanya cacing yang tumbuh dan berkembang menjadi parasit di tubuh burung. Ciri utama dari penyakit ini adalah kondisi burung yang terlihat lemah dan letih meskipun makan dengan porsi yang banyak.

5. Penyakit diare
Penyakit ini biasanya terjadi saat kondisi lingkungan, pakan, dan sangkar kotor. Maka dari itu, untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya bersihkan sangkar dan alat makan burung secara rutin. Disamping itu, berikan juga multivitamin untuk burung, tujuannya agar kondisi tubuh burung tetap fit dan terjaga dengan baik.

6. Serangan kutu
Kendati ini bukanlah penyakit, namun serangan kutu yang parah dapat menyebabkan kerusakan bulu dan kulit burung. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya bersihkan tubuh dan bulu burung setiap harin dengan metode mandi dan berjemur.

Penyakit yang sering menyerang tubuh Pleci di atas sebenarya ringan dan mudah diatas. Hanya saja, untuk mendapatkan kesembuhan yang sempurnya, Anda haruslah menerapkan metode yang tepat dan efisien. Disamping itu, berikan juga asupan multivitamin yang berguna untuk menjaga kondisi kesehatan burung itu sendiri.