Pakem / Parameter Penilaian Pleci dalam Lomba

Advertisement
Advertisement
Pleci adalah salah satu burung yang memiliki suara yang khas, bulu yang indah, dan corak layaknya kacamata yang unik di sekitar matanya. Dengan ketiga keunikan tersebut burung ini menjelma sebagai burung kicau yang banyak disukai kicaumania. Tidak hanya itu, karena burung ini memiliki suara yang merdu dan khas, lomba untuk mengukur skill Pleci juga sering diadakan.

Tidak jauh berbeda dengan lomba burung kicau lainnya, pakem penilaian Pleci dalam lomba pun tidak jauh dari kualitas suara dan penampilan burung itu sendiri. Dengan kata lain, jawara kontes Pleci umumnya adalah burung-burung dengan kualitas vokal yang baik, penampilan yang bagus, dan kondisi fisik yang sehat.

pleci kontes

Pakem Penilaian Pleci Saat Lomba
Ketiga penilaian di atas adalah pakem yang umumnya diterapkan dalam setiap kontes Pleci. Jadi, jika Anda ingin Pleci Anda menjadi jawara kontes Pleci, Pleci Anda harus memenuhi ketiga hal di atas. Dan untuk mendapatkan ketiga hal di atas, Anda haruslah memberikan perawatan dan pelatihan yang baik pada Pleci yang ada miliki.

Berbicara mengenai pakem penilaian, berikut ini adalah penjelasan singkat tentang pakem penilaian Pleci saat lomba:

1. Volume suara Pleci
Volume suara yang dimaksud adalah volume suara yang dikeluarkan Pleci saat kontes berlangsung, baik itu volume yang dikeluarkan saat Ia ngalas atau pun saat Pleci tersebut ngeroll. Akan tetapi, volume suara yang dimaksud juga bukan hanya keras, melainkan volume suara yang alami dan jernih, bukan volume suara yang parau dan nyaring.

2. Irama lagu yang dimainkan Pleci
Irama lagu yang dimaksud adalah irama lagu yang indah, dengan ketukan tempo yang rapih dan teratur. Irama lagu sendiri meliputi beberapa hal, seperti naik turunnya nada, panjang pendeknya nada, dan permainan speed yang harmonis dan indah.

Pada dasarnya, Pleci yang juara adalah Pleci dengan irama lagu yang baik, variatif, punya isian yang sesuai dengan irama lagu, permainan speed yang rapih dan baik, rajin bunyi, dan memiliki irama lagu yang tidak terpotong-potong.

3. Penampilan fisik dan gaya
Untuk pakem penilaian Pleci yang satu ini terbagi menjadi 3 kategori, yaitu:
a. Kondisi fisik
Pleci yang dianggap jawara adalah Pleci yang sehat, tidak cacat, dan memiliki kondisi bulu yang sehat dan terawat.
b. Penilaian gaya
Penilaian gaya yang sempurna bisa diberikan apabila Pleci tersebut nagen, berdiri tegak di tangkringan, dan tidak terlalu banyak lompat-lompat.
c. Durasi kerja yang baik
Seekor Pleci akan diberikan penilaian yang baik apabila Ia memiliki durasi kerja setidaknya 75% dari total durasi yang diberikan panitia. Dengan kata lain, Ia harus berkicau setidaknya 45 menit, jika durasi kerja yang diberikan panitia adalah 1 jam atau 60 menit.

Pada dasarnya, 3 pakem penilaian Pleci di atas adalah pakem-pakem yang umumnya diterapkan di beberapa kontes Pleci. Kendati sederhana, namun penerapan dari ketiga pakem di atas bisa dibilang sulit. Maka dari itu, untuk memenuhi ketiga pakem di atas, pelatihan dan perawatan secara intensif dianggap sangat perlu untuk dilakukan.