Pakem Penilaian Ciblek Dalam Lomba

Advertisement
Advertisement
Pakem penilaian Ciblek dalam lomba sebenarnya hal yang sepatutnya dirahasiakan. Hal ini karena penilaian sendiri merupakan hak juri, sehingga hanya jurilah yang boleh tahu akan hal ini. Tapi, demi menjaga semangat bertarung, terkadang pakem penilaian ini dipublikasikan ke para peserta. Dengan tujuan agar peserta lebih semangat dan tahu apa saja yang harus disiapkan sebelum lomba.

Selain untuk meningkatkan semangat perserta, informasi pakem penilaian ini juga berguna sebagai motivasi peserta untuk tetap berjuang dalam mengolah kualitas burung yang Ia miliki. Sehingga, setelah mengetahui informasi ini, diharapkan peserta lebih semangat dalam mengolah kualitas burung yang mereka miliki.

ciblek lomba

Beberapa Pakem Penilaian Ciblek Dalam Lomba
Inilah beberapa pakem penilaian yang sering digunakan dalam kontes atau lomba burung, khususnya lomba burung yang satu ini:

1. Kualitas irama
Irama atau lagu merupakan kombinasi antara panjang pendeknya nada yang dikeluarkan burung. Irama juga harus selaras dengan ketukan normal, sehingga membuat kicauan yang dimainkan burung jadi terdengar indah. Intinya, semakin bagus irama yang dimainkan burung, semakin bagus penilaian yang akan Ia dapat.

2. Volume
Volume merupakan keras lembutnya kicauan yang dimainkan burung. Semakin keras kicauan yang dimainkan burung, semakin baik juga penilaian yang akan didapat. Namun, keras tidaknya volume sendiri dipangaruhi oleh stamina burung. Semakin baik staminanya, semakin baik dan keras pula volume yang dimainkan burung.

3. Penampilan burung
Pakem penilaian Burung Ciblek dalam lomba inilah yang jarang digubris banyak orang. Terkadang orang-orang lebih sering memoles kualitas burung, lalu mengabaikan penampilannya. Padahal, penampilan burung sangat memengaruhi penilaian juri. Beberapa penilaian fisik seperti bulu, mata, paruh, dan yang lainnya sangatlah berpengaruh untuk penilaian burung.

4. Kondisi kesehatan burung
Selain penampilan, kondisi kesehatan pun ikut andil dalam penilaian burung yang berkualitas. Pasalnya, sehat tidaknya burung memengaruhi keikutsertaannya dalam sebuah kontes. Jika kondisi kesehatan burung sedang buruk, burung pun tidak akan pernah diizinkan ikut kontes.

Empat pakem penilaian untuk Ciblek dalam lomba di atas merupakan pakem penilaian yang sering digunakan dalam berbagai kontes burung. Jadi, jika ada yang bertanya tentang pakem penilaian apa yang digunakan dalam sebuah kontes burung, maka penilaian di ataslah jawabannya.