Mungkinkah Merawat Burung Pleci Tanpa Voer?

Advertisement
Advertisement
Pleci dan voer adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Bagaimana tidak? umumnya burung Pleci pasti membutuhkan voer sebagai asupan makan utamanya. Karena disamping mudah dicerna, pakan yang satu pun memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh Pleci itu sendiri. Tidak hanya itu, beberapa survey mengatakan bahwa burung ini jauh lebih suka dengan voer ketimbang jenis makanan lain.

Akan tetapi, tidak semua Pleci menyukai voer yah. Maka dari itu, pemberian voer sendiri hukumnya tidak wajib. Jadi, jika Pleci Anda tidak mau makan voer, maka jangan berikan voer pada Pleci. Tapi, mungkinkan merawat burung Pleci tanpa voer? Hal tersebut sebenarnya bisa saja dilakukan, tapi tergantung dengan kebiasaan dan karakter jenis Pleci itu sendiri.

pleci makan voer

Sebagai contoh, jika Anda sudah berusaha memberikan voer pada Pleci namun tidak dimakan, mungkin ada hal yang salah dengan Pleci tersebut. Tapi jika Anda sudah cek kondisi Pleci dan tidak ada masalah, maka besar kemungkinan Pleci tersebut memang tidak suka dengan voer.

Perawatan Pleci Tanpa Voer
Jika Pleci tersebut tidak mau makan voer, maka berikan Ia perawatan Pleci tanpa menggunakan voer. Perlu Anda ketahui, ada beberapa tipe perawatan yang bisa dilakukan untuk diterapkan pada Pleci, dan salah satunya adalah perawatan yang satu ini. Tujuan dari perawatan yang satu ini adalah untuk merawat Pleci tanpa asupan voer. Dengan kata lain, perawatan ini sangat cocok diterapkan pada Pleci-Pleci yang enggan memakan voer.

Adapun jenis-jenis perawatan ini sendiri adalah sebagai berikut:

1. Pola perawatan menggunakan serangga
Pola perawatan ini adalah pola perawatan yang mewajibkan Anda untuk memberikan serangga sebagai asupan pakan utama Pleci. Sedangkan jenis serangga yang disarankan untuk tipe perawatan ini sendiri adalah sebagi berikut:
a. Jangkrik
b. Kroto
c. Ulat kandang
d. Ulat hongkong

2. Pola perawatan menggunakan buah dan serangga
Pola perawatan yang satu ini mengombinasikan perawatan Pleci dengan serangga dan buah. Artinya, metode perawatan ini menggunakan buah dan serangga sebagai menu utama Pleci. Pada dasarnya serangga yang digunakan pada metode ini sama dengan metode di atas, sedangkan untuk buah yang disarankan untuk metode ini sendiri adalah sebagai berikut:
a. Buah pepaya
b. Buah pisang
c. Buah apel
d. Dan beberapa jenis buah lainnya

Nah, itulah tadi cara-cara merawat Pleci tanpa voer. Tapi ingat, cara-cara di atas hanyalah digunakan apabila Pleci sudah benar-benar mogok makan voer. Dengan kata lain, Pleci tersebut memang sudah benar-benar tidak mau makan voer. Ingat, pola perawatan di atas hanya untuk Pleci yang tidak makan voer saja. Jadi, jika Pleci Anda masih mau makan voer, Anda harus berikan voer sebagai menu makanan utama untuk Pleci.