Menjaga Kesehatan Bulu Pleci Agar Tidak Mudah Kusam dan Berubah Warna

Advertisement
Advertisement
Menjaga kesehatan bulu Pleci tidak kalah penting dengan menjaga kesehatan burung ini sendiri. Pasalnya, tanpa bulu yang indah dan cantik, burung ini bukanlah burung yang mempesona lagi. Karena sejatinya fungsi bulu pada burung sendiri adalah sebagai pemanis penampilan burung tersebut saat kontes. Maka dari itu, merawat bulu burung ini sama pentingnya dengan merawat kesehatan burung itu sendiri.

Nah, berbicata mengenai perawatan bulu burung ini, tahukah Anda hal apa saja yang merusak keindahan bulu Pleci? Lalu, jika bulu tersebut rusak, baik itu kusam, berubah warna, atau pun kerusakan lainnya, tahukah Anda bagaimana cara untuk mengatasinya? Jika tidak, sebaiknya Anda simak materi menarik berikut ini.

pleci warna bagus, pleci warna

Penyebab Bulu Pleci Kusam dan Berubah Warna
Ada beberapa hal yang menyebabkan bulu burung ini kusam dan berubah warna, dan beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pemberian voer yang selalu berganti-ganti.
2. Kekurangan asupan buah.
3. Terlalu lama dijemur.
4. Jarang melakukan mandi, baik itu mandi semprot maupun mandi di keramba.

Cara Mengatasi Bulu Pleci yang Kuram dan Berubah Warna
Untuk menghindari kekusaman bulu burung ini, berikut ini adalah cara Menjaga Kesehatan Bulu Pleci Agar Tidak Mudah Kusam dan Berubah Warna yang bisa Anda praktekan di rumah:

1. Hindari penggantian voer yang terlalu sering, baik itu penggantian merk atau pun warna voer.
2. Berikan asupan buah dan sayur secara rutin pada burung ini. Hal tersebut untuk memperbaiki struktur bulu yang kusam dan tidak sehat. Adapun contoh buah yang dianjurkan untuk perawatan ini sendiri adalah:
a. Jeruk
b. Apel
c. Tomat
d. Wortel

3. Berikan asupan EF yang memiliki protein dan mengandung keratin yang baik untuk kesehatan bulu Pleci.
4. Hindari penjemuran yang terlalu lama. Idealnya, untuk menjemur burung ini setidaknya hanya membutuhkan waktu 1-2 jam. Selain itu, hindari juga penjemuran di atas jam 10 pagi. Karena pda saat itu sinar matahari tidaklah bagus. Pasalnya, selain terlalu panas, sinar matahari saat itu juga aka merusak struktur zat lilin yang ada di bulu burung tersebut.
5. Mandikan burung ini setiap hari secara rutin, baik itu pemandian dengan metode semprot atau pun keramba.

Pada dasarnya menjaga kesehatan bulu Pleci agar tidak kusam dan berubah warna itu merujuk pada perawatan rutin burung itu sendiri. Jadi, semakin baik perawatan rutin yang Kita berikan, maka semakin baik pula kualitas bulu burung yang Kita miliki. Dengan kata lain, dengan memberikan perawatan secara rutin dan baik, itu berarti Kita telah melakukan tindakan pencegahan akan kerusakan bulu burung ini, baik itu kerusakan dalam bentuk kusam maupun berubah warna.