Menjaga Kesehatan Bulu Ciblek Agar Tidak Mudah Kusam dan Berubah Warnanya

Advertisement
Advertisement
Menjaga kesehatan bulu Ciblek merupakan perkara yang amat penting. Dendan melakukan hal ini, diharapkan kesehatan bulu akan lebih terjaga dengan baik. Sehingga bulu pun akan tampak lebih cantik, indah, tidak kusam, dan pastinya terawat.

Di samping menjaga penampilan untuk diri pribadi, hal ini juga berpengaruh untuk penilaian saat kontes. Perlu Anda ketahui. Salah satu pakem penilaian burung merupakan keindahan dan kecantikan tubuh burung. Dan salah satu poin penilaiannya adalah kecantikan dan kesehatan bulu burung. Dengan kata lain, saat bulu burung sudah terawat dengan baik, maka kecenderungan penilaian baik untuk penampilan burung akan semakin besar.

bulu ciblek

Cara Menjaga Kesehatan Bulu Ciblek
Berikut ini ialah beragam cara yang bisa dilaukan untuk menjaga dan merawat kesehatan bulu pada burung:

1. Pertama, hindari penggantian merk pakan yang berlebihan, khususnya untuk voer yang jadi pakan utama burung.
2. Sebagai variasi pakan, berilah Ia asupan buah dan sayur, seperti wortel, apel, tomat, jeruk, dan beragam buah dan sayur lainnya.
3. Jangan lupa untuk tetap memberinya asupan extra food (EF)/makanan ekstra yang cukup. Kalau bisa berikan Ia asupan EF yang berguna menyehatkan bulu, seperti tepung udang, tepung daging, dan beragam EF yang baik untuk bulu lainnya.
4. Lakukan juga penjemuran yang ideal. Baiknya jemur burung pada kondisi sehat. Untuk durasinya, baiknya jemur burung di jam 8 – 10 pagi.
5. Lakukan aktivitas mandi secara rutin. Cara menjaga kesehatan bulu Ciblek agar tidak mudah kusam dan berubah warnanya ini sangat baik untuk kesehatan bulu, khususnya untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada bulu burung.
6. Berikan juga Ia multivitamin yang cukup agar kondisi kesehatannya tetap terjaga dan bisa beraktivitas sebagai mestinya.
7. Hindari pemberian EF berprotein yang berlebihan. Hal ini dapat memancing timbulnya OB yang mengakibatkan aktivitas pencabutan bulu yang dilakukan oleh burung itu sendiri.

Beberapa tips menjaga kesehatan bulu Ciblek di atas baiknya diterapkan untuk mencegah kondisi bulu yang kusam atau berubah warna. Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan kesehatan bulu akan lebih terjaga dan kondisi burung pun sesuai dengan apa yang Kita inginkan.