Memanfaatkan Telur Puyuh Rebus Agar Ciblek Rajin Bunyi

Advertisement
Advertisement
Telur puyuh rebus agar Ciblek rajin bunyi merupakan metode baru yang umum digunakan dalam penangkaran dan pemeliharaan burung ini. Selain diyakini ampuh untuk mendongkrak stamian burung, penerapan metode ini pun dinilai mudah. Dengan begitu, siapa saja bisa menerapkan metode yang satu ini.

Tapi itu tadi. Sebagaimana perawatan pada umumnya, metode ini pun punya syarat mutlak agar berhasil dan sukses. Syarat tersebut ialah ketekunan dan konsistensi. Seperti halnya perawatan lain, metode ini pun wajib dilakukan dengan rutin dan teratur, serta mengikuti anjuran yang diberikan, agar performa burung merangsak naik dan berkembang.

telur puyuh untuk ciblek

Pedoman Pemberian Telur Puyuh Rebus Agar Ciblek Rajin Bunyi
Berikut adalah beberapa pedoman yang bisa diterapkan saat memberikan perawatan ini kepada burung kesayangan Anda:

1. Porsi yang diberikan haruslah ideal
Perlu Anda ketahui. Telur puyuh sendiri merupakan telur dengan kandungan nutrisi yang amat tinggi, seperti protein, zat besi, dan masih banyak lagi. Saat pemberian telur ini tidak terkontrol dn cenderung berlebihan, dikhawatirkan kondisi burung akan memburuk dan membahayakan kondisi kesehatannya.

Dengan alasan itulah pemberian telur ini dibatasi. Maksimal hanya ½ butir untuk sekali pemberian. Sedangkan pemberian sendiri maksimal dilakukan 2 kali dalam seminggi. Hal itu demi menjaga birahi dan kondisi kesehatan burung agar tetap stabil.

2. Cara pemberian dan pengenalan telur puyuh
Metode telur puyuh rebus untuk Ciblek rajin bunyi merupakan metode yang belum lama dikenal. Selain itu, metode ini pun akan dijalani dengan sulit pas awal penerapan. Alasannya, naluri burung sebagai pemakan serangga akan menolak jika disuruh makan telur.


Untuk mengatasi hal ini biasanya dilakukan dengan pengenalan telur pada burung. Caranya, telur dapat dicampur dengan voer, lalu diaduk. Biarkan burung terbiasa dengan aroma dan rasa telur. Setelah beberapa hari, volume voer bisa dikurangi, sehingga burung pun akan mengonsumsi telur seutuhnya.

3. Jadikan perawatan ini sebagai alternatif
Kandungan protein yang sangat tinggi menuntut Anda untuk menjadikan perawatan ini sebagai perawatan alternatif. Karena jika Anda menggunakan perawatan ini sebagai perawatan rutin, kualitas dan kestabilan birahi akan jadi memburuk. Sehingga menggangu performa dari burung itu sendiri.

Pedoman pemberian telur puyuh rebus agar Burung Ciblek rajin bunyi di atas baiknya diterapkan sebagaimana mestinya. Jangan lupa juga untuk mengimbangi perawatan ini dengan pola latihan dan perawatan rutin, agar performa burung lebih baik (lihat juga: suara ciblek).