Manfaat Menggantang Burung Pleci

Advertisement
Advertisement
Pada dasarnya, menggantang burung Pleci adalah salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh Plecimania. Pasalnya, disamping baik untuk kesehatan dan mental Pleci, hal ini pun berpengaruh pada skill dan kemampuan berkicau dari Pleci itu sendiri. Oh ya, selain itu, kegiatan ini juga berguna melatih power suara yang dikeluarkan Pleci.

Dengan kata lain, saat Anda melakukan kegiatan ini, itu berarti Anda telah melatih burung tersebut agar memiliki skill dan power suara yang bagus. Karena mengingat burung ini adalah salah satu jenis burung kontes, jadi kedua hal tersebut harus senantiasa dilatih dan diasah.

menggantang pleci, pleci digantang

Manfaat yang Didapat Dari Menggantang Pleci
Pada dasarnya, manfaat menggantang burung Pleci sangatlah banyak. Hanya saja, manfaat yang paling umum Anda dapatkan dari kegiatan ini hanyalah 3 saja. Lalu, apa saja manfaat tersebut? nah, berikut ini adalah ketiga manfaat yang dimaksud:

1. Untuk  melatih mental Pleci agar semakin baik
Manfaat yang satu ini adalah manfaat yang paling sering didapat dalam proses ini. Pasalnya, saat seekor Pleci digantang, Ia akan melihat kehadiran manusia dan mendengar suara-suara kicauan burung lain. Nah, saat Ia sering melihat menusia, maka rasa takut akan manusia pada burung ini akan menghilang.

Disamping itu, saat Ia mendengar suara kicauan dari burung lain, maka burung ini pun akan terpacu untuk mengeluarkan suara kicauannya. Disisi lain, jika burung Pleci membalas kicauan tersebut, maka mental bertarung Pleci akan meningkat dan membaik.

2. Membuat Pleci mengeluarkan suara ngalas atau keras
Manfaat utama menggantang burung Pleci adalah agar Ia mengeluarkan suara ngalas atau keras yang menjadi ciri khasnya. Akan tetapi, untuk mendapatkan hal tersebut tidaklah mudah. Pasalnya, Anda harus memancing burung ini untuk berkicau, dengan cara:
a. Memperdengarkan suara dari burung jenis lain
b. Memperdengarkan suara burung betina
Dengan cara ini, diharapkan Pleci akan membalas kicauan dengan suara yang ngalas dan keras. Kendati terkesan memaksa, namun cara ini dijamin ampuh untuk memancing Pleci mengeluarkan suara ngalas yang menjadi ciri khasnya.

3. Untuk membuat Pleci tetap fokus
Perlu Anda ketahui, Pleci adalah satu dari beberapa jenis burung yang suka tidak fokus. Alasanya beragam, tapi asalan yang paling umum adalah karena Ia melihat Pleci yang lain. Pasalnya, saat Ia melihat temannya, otomatis Ia hanya akan bermain-main saja dan tidak fokus berlatih vokal. Kendati bersuara, itu pun hanya akan mengeluarkan suara yang kecil saja.

Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya gantangkan burung ini pada tiang atau pun dahan yang cukup tinggi. Tujuannya adalah untuk melatih tingkat kefokusan Pleci. Disamping itu, cara ini pun dilakukan untuk membuat Pleci tersebut tetap tenang dan tidak terganggu dalam berlatih.

Nah, itulah tadi manfaat yang didapat dari menggantang Pleci. Selain untuk urusan vokal, kegiatan ini pun berguna untuk melatih mental dan fokus Pleci. Tapi ingat, syarat utama dari kegiatan ini adalah nyaman. Jadi, dalam melakukan kegiatan ini, kondisi burung haruslah rileks dan tenang. Pasalnya, dengan cara ini, hasil yang akan didapatkan oleh Pleci akan maksimal dan sesuai dengan yang Anda inginkan.