Tips Memilih Indukan Pleci yang Bagus

Advertisement
Advertisement
Sudah bukan rahasia lagi jika burung Pleci adalah burung yang memiliki suara yang indah dan merdu (download: suara pleci). Selain hal tersebut, burung ini juga memiliki corak yang membentuk kacamata di matanya. Dengan keunikan tersebut burung ini menjadi salah satu burung favorit kicaumania. Indukan Pleci juga sering kali dipelihara dan dibudidayakan kicaumania.

Selain untuk pelestarian, mereka melakukan hal ini juga untuk keuntungan dari penjualan bakalan Pleci itu sendiri. Bahkan beberapa Plecimania juga kerap mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda dari penjualan bakalan Pleci. Tapi, untuk mendapatkan bakalan yang berkualitas bagus, indukannya pun harus bagus pula.

indukan pleci yang bagus, indukan pleci bagus, pleci yang bagus, pleci bagus, indukan pleci

Memilih Indukan Pleci yang Bagus
Perlu Anda ketahui, penangkaran Pleci indukan bukan hanya berguna untuk budidaya saja loh, melainkan ada yang digunakan untuk memperoleh Pleci kontes juga. Tapi, untuk mendapatkan Pleci yang seperti itu, pemilihan indukan haruslah dilakukan dengan baik dan seselektif mungkin.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih indukan, berikut ini adalah tips memilih indukan Pleci yang bagus yang bisa Anda terapkan:

1. Pilihlah indukan yang berusia muda
Indukan yang muda umumnya akan memiliki masa hidup yang lebih panjang. Disamping itu, ada beberapa kelebihan lagi yang bisa Anda dapatkan jika memilih indukan muda, dan kelebihan tersebut adalah:
a. Indukan yang masih muda umumnya lebih mudah terbiasa dengan situasi dan lingkungan yang baru
b. Memiliki tingkat stres yang lebih rendah

2. Pilihlah indukan yang sehat
Sehat adalah penilaian utama dalam memilih indukan. Pasalnya, jika Pleci indukan mengidap sebuah penyakit, bukan tidak mungkin Ia akan menularkan penyakit tersebut pada anakannya kelak. Maka dari itu, pilihlah indukan yang sehat dan terbebas dari penyakit apapun.

3. Pilihlah Pleci dengan kondisi fisik yang sempurna
Memilih indukan Pleci haruslah bijak, tepat, dan benar, Terlebih lagi untuk kondisi fisiknya. Pilihlah indukan dengan kondisi fisik yang sempurnya, tidak cacat, dan tidak menderita penyakit yang dapat ditularkan ke anakannya kelak.

4. Pilihlah indukan dengan skill yang matang
Untuk mendapatkan anakan yang memiliki skill baik, maka pilihlah indukan dengan kualitas yang baik pula. Kendati tidak terlalu berpengaruh, namun seekor Pleci yang mudah dilatih dan memiliki kualitas yang baik umumnya didapatkan dari indukan yang berkualitas juga.

Pada intinya, tips memilih indukan Pleci yang baik itu berdasarkan dari kualitas, ciri fisik, dan kondisi kesehatan Pleci yang bagus pula. Ketiga hal di atas adalah pakem utama dalam memilih indukan yang berkualitas dan layak dibudidayakan. Selain lebih mudah dalam hal perawatan, indukan seperti di atas juga memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk memperoleh anakan yang berkualitas juga. Maka dari itu, jika Anda ingin memilih indukan, sebaiknya pilihlah indukan dengan kriteria di atas.