Cara Mudah Merawat Piyek atau Anakan Pleci

Advertisement
Advertisement
Merawat Anakan Pleci adalah kegiatan yang paling menantang dalam sebuah budidaya. Bagaimana tidak? Saat Anda salah dalam memberikan perawatan, besar besar anakan tersebut akan sakit, dan bisa juga mati. Kendati cenderung menyulitkan, namun jika dilakukan dengan baik, perawatan ini sebenarnya mudah. Dan resiko kematian anakan pun dapat berkurang.

Tapi ingat, agar resiko kematian dan sakit tersebut berkurang Anda mesti merawat burung ini dengan metode dan pola perawatan yang benar. Jika tidak, maka jangan harap anakan burung tersebut tumbuh dan berkembang dengan baik.

piyek pleci, anakan pleci

Bagaimana Cara Merawat Piyek Pleci?
Pada dasarnya, cara merawat piyek Pleci tidak jauh berbeda dengan indukannya. Hanya saja, karena kondisi tubuh dan kebutuhannya berbeda, maka ada beberapa perawatan yang harus disesuaikan. Tapi terlepas dari itu semua, perawatan untuk burung yang dewasa dan anakan ini cenderung sama.

Lalu, seperti apakah perawatan yang dimaksud? Kendati cenderung sama, bukan berarti perawatan burung dewasa bisa diterapkan pada anakan burung yah. Pasalnya, ada beberapa perawatan yang memang belum bisa dilakukan pada burung yang masih anakan.

Nah, adapun perawatan yang tidak boleh dilakukan pada burung yang masih anakn ini adalah:
1. Pemberian pakan dengan ukuran yang besar
2. Penjemuran yang lama
3. Penggantangan di luar rumah

Pertanyaanya adalah, kenapa pola perawatan untuk piyek atau anakan Pleci seperti di atas tidak boleh? Ingat, kondisi tubuh burung yang masih anakan tidak cukup kuat untuk mendapatkan pola perawatan seperti di atas. Karena pada dasarnya, tubuh anakan sendiri hanya membutuhkan asupan pakan untuk bisa berkembang dan tumbuh.

Pemberian Pakan Untuk Anakan Pleci
Perlu Anda ketahui, pemberian pakan untuk burung yang masih anakan sangatlah berbeda dengan yang dewasa. Pasalnya, organ pencernaan burung yang masih anakan sejatinya masih belum mampu untuk mencerna pakan yang dikonsumsi indukannya. Lalu, seperti apakah pola pemberian pakan untuk anakan burung?

Berikut adalah cara-cara yang harus dilakukan dalam memberikan pakan pada anakan burung:
1. Siapkan voer, air, dan potongan jangkrik atau kroto.
2. Setelah itu, campurkan voer dengan air, lalu diaduk-aduk.
3. Kemudian campurkan potongan jangkrik atau kroto ke adonan tadi.
4. Aduklah adonan tadi sampai benar-benar merata.
5. Setelah adonan benar-benar tercampur, Anda bisa langsung memberikan pakan tersebut pada anakan burung dengan menggunakan injektor.

Nah, cara mudah merawat piyek atau anakan Pleci dalam hal pemberian pakan di atas bisa Anda terapkan di rumah. Tapi ingat, pastikan perawatan tadi dilakukan dengan baik dan benar. Oh ya, untuk menambah stamina burung, Anda juga bisa tambahkan multivitamin ke dalam pakan atau minuman burung.