Cara Mengobati Ciblek yang Cacingan

Advertisement
Advertisement
Dari sekian banyak penyakit yang sering menyerang Ciblek, cacingan adalah penyakit yang paling umum terjadi. Penyakit ini biasanya menyerang burung yang memiliki kondisi kebersihan tubuh dan sangkar yang buruk. Dengan kondisi seperti itu, wajar jika perkembangan cacing akan semakin pesat dan menyebabkan cacingan.

Penyebab Ciblek yang cacingan pun tidak hanya dari kebersihan sangkar dan tubuh yang buruk. Kualitas pakan yang tidak bersih pun dapat menyebabkan burung menderita penyakit ini. Untuk itu, sebagai tindakan pencegahan, baiknya bersihkn semua elemen sangkar burung, termasuk cepuk, keramba, pakan, termasuk tubuh burung itu sendiri.

ciblek cacingan

Namun jika burung sudah terlanjur terkena cancingan, segeralah lakukan perawatan khusus. Perawatan tersebut menyangkut perawatan untuk mengurangi dan mencegah perkembang biakan cacing dalam tubuh. Sehingga tubuh burung pun akan terbebas dari penyakit cacingan.

Cara Mengatasi Ciblek yang Cacingan
Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi burung yang sedang menderita cacingan:

1. Pertama, pindahkan burung ke kandang atau sangkar khusus yang digunakan sebagai karantina untuk burung yang sakit.
2. Tetap berikan asupan pakan, khususnya pakan yang berkualitas. Namun bila nafsu makan burung berkurang dan burung enggan untuk makan, lakukan pololohan, agar asupan nutrisi burung tetap terjaga.
3. Bersihkan semua pernak pernik burung, termasuk sangkar, cepuk, keramba, atau pun tangkringan.
4. Pastikan pakan yang diberikan ialah pakan yang berkualitas, bersih, dan masih segar.
5. Khusus untuk extra food (EF)/makanan ekstra, berikan EF yang berkualitas baik, bersih, dan tidak terbebas dari parasit, termasuk cacing.
6. Untuk tindakan lebih lanjut, cara mengobati Ciblek yang cacingan ini bisa dilakukan dengan memberikan obat cacing khusus burung yang bisa dibeli di toko burung.
7. Sedangkan untuk menjaga kesehatan burung, berikan asupan multivitamin yang cukup, agar tubuh buruh lebih fit dan segar.

Ciri Burung yang Menderita Cacingan
Di bawah ini merupakan ciri-ciri yang bisa digunakan sebagai indikasi dari kondisi burung yang sedang menderita cacingan:

1. Kondisi burung yang lesu, lemas, dan tidak bertenaga.
2. Kendati nafsu makannya stabil, tubuh burung akan terlihat kurus kering.
3. Pada kondisi terparah, burung bisa saja kehilangan nafsu makan dan tergeletak di bawah sangkar.
4. Burung akan jadi pendiam dan tidak mau berkicau sebagai mana mestinya.

Itulah beberapa ciri Ciblek yang cacingan lengkap dengan cara mengobatinya. Dengan mengetahui ciri dan penanganan burung yang cacingan di atas, diharapkan Anda mampu lebih siap dan sigap dalam menghadapi kondisi serupa (Baca juga: cara ternak ciblek).