Cara Menghilangkan Kutu pada Pleci

Advertisement
Advertisement
Kutu pada Pleci sangatlah mengganggu. Bagaimana tidak? setiap burung ini kutuan, Ia pasti akan menggaruki tubuhnya. Bahkan yang lebih parah lagi, terkadang mereka rela mencabuti bulunya sendiri demi menghilangkan rasa gatal akibat kutu tersebut. Miris memang, tapi hal tersebut sangat sering dilakukan oleh burung kicauan yang memiliki kutu di bulunya.

Pada dasarnya, kutu-kutu tersebut bisa diatasi dengan mudah dan gampang. Baik menggunakan obat kutu yang mengandung bahan kimia, atau pun obat alami yang non kimia. Keduannya sama-sama baik. Hanya saja penggunaan obat non kimia jauh lebih disarankan. Karena obat ini sangatlah aman, tidak memiliki efek samping, dan yang jelas tidak mengurangi kadar zat lilin yang ada pada burung burung ini.

kutu pleci, pleci berkutu

Cara Alami Menghilangkan Kutu Pada Pleci
Cara menghilangkan kutu pada Pleci sebenarnya ada dua, yang pertama adalah penanganan dengan obat kutu, dan yang kedua adalah penanganan dengan cara-cara yang lebih alami. Nah, karena cara yang menggunakan obat kutu memiliki dampak yang cukup burung untuk kesehatan bulu burung, maka alangkah baiknya Anda utama penanganan yang menggunakan cara alami saja.

Nah, berikut ini adalah cara alami yang biasa dilakukan untuk menumpas kutu yang bersarang pada bulu burung:

1. Air sisa cucian beras
Air ini dapat membantu menghilangkan kutu yang bersarang pada tubuh burung. Adapun cara penggunaannya sendiri adalah sebagai berikut:
a. Siapkan air beras pada keramba atau sprayer .
b. Lalu siapkan burung yang akan dirawat menggunakan perawatan ini.
c. Mandikan burung menggunakan air beras ini sampai basah kuyup dan kutu-kutu tersebut berhamburan keluar dari saranganya.
d. Setelah itu Anda bisa bersihkan kutu, sarang, dan telur kutu dari tubuh burung ini sampai bersih.

2. Air rebusan sirih
Cara ampuh menghilangkan kutu pada Pleci ini sangat sering diterapkan oleh Plecimania. Nah, adapun cara yang dilakukan untuk menerapkan metode ini sendiri adalah sebagai berikut:
a. Rebus 10 helai daun sirih dengan 1 liter air.
b. Rebuslah sampai air mendidih dan berubah warna dengan sempurnya.
c. Setelah itu biarkan air tersebut dingin.
d. Kemudian masukan air tadi pada alat penyemprot.
e. Lalu semprotkan air tersebut pada tubuh burung sampai basah kuyup.
f. Jika sudah, tunggulah sampai tubuh burung kering dan kutu-kutunya mati.
g. Setelah itu Anda bisa membersihkan kutu dan telurnya dari tubuh burung Anda.

Perlu Anda ketahui, baik cara menggunakan air sirih maupun air beras, keduanya sama-sama baik dan tidak menimbulkan resiko berbahaya untuk burung itu sendiri. Selain menghilangkan kutu pada Pleci, Anda juga harus berusaha untuk mencegah kutu tersebut agar tidak datang lagi dengan menjaga kebersihan tubuh, sangkar, dan kerodong burung.