Cara Mengatasi Pleci Sakit Mata

Advertisement
Advertisement
Pada dasarnya, cara mengatasi Pleci yang sakit mata itu tidak terlalu sulit, bahkan bisa dibilang mudah. Pasalnya, penanganan sakit mata pada Pleci tidaklah jauh berbeda dengan penanganan penyakit yang sama pada jenis burung kicau lainnya. Hanya saja, yang membedakan adalah dari segi pemberian pakan saja.

Berbicara mengenai penanganan penyakit mata, Kita tidak mungkin tahu bagaimana menangani suatu penyakit tanpa tahu gejala dan ciri-ciri yang ditimbulkan dari penyakit tersebut, termasuk penyakit mata pada Pleci.

pleci sakit mata

Gejala Pleci Sakit Mata
Layaknya penyakit pada umumnya, sakit mata pada Pleci pun memiliki ciri dan gejala khusus yang bisa Anda kenali. Nah, adapun gejala-gejala Pleci sakit mata yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1. Mata Pleci akan berair
2. Pleci akan sering menggosok-gosokan matanya pada tangkringannya
3. Burung akan terlihat lemas, letih, dan tidak bergairah
4. Nafsu makan Pleci akan menurun
5. Adanya pembengkakan pada kelopak mata bagian luar
6. Kotoran atau faces Pleci tidak normal, bentuknya encer dan berwarna putih

Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Pleci
Untuk mengatasi penyakit ini, ada beberapa cara dan upaya yang harus Anda lakukan. Walaupun sederhana, namun cara ini banyak dipakai oleh beberapa Plecimania di Indonesia. Pasalnya, selain ampuh mengobati sakit mata Pleci, metode yang digunakan pada cara ini pun terbilang sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Nah, adapun cara mengatasi burung Pleci sakit mata yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1. Pisahkan burung yang sakit mata dari koloninya.
2. Tempatkan Pleci yang sakit tersebut pada sangkar khusus yang nyaman dan tidak terjangkau oleh predator.
3. Berikan pakan secara rutin dengan menu seperti biasanya.
4. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari.
5. Hentikan kegiatan mandi dan berjemur yang rutin dilakukan Pleci saat Ia sehat.
6. Usahakan lakukan pengerodongan setiap hari saat Pleci tidak melakukan aktivitas.
7. Bersihkan kotoran Pleci setiap hari, dan usahakan sangkar rehabilitas tersebut senantiasa bersih dan terbebas dari kotoran atau pun sisa pakan yang berserakan.
8. Bersihkan mata Pleci dengan kain bersih yang sudah dibasahi dengan kain hangat secara perlahan.
9. Setelah itu, teteskan obat sakit pada khusus burung pada mata Pleci yang sakit. Pemberian ini harus dilakukan pada kedua mata Pleci.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cara mengatasi Pleci sakit mata yang ampuh di atas haruslah dilakukan secara intensif dan rutin. Setidaknya, Anda harus melakukan cara-cara di atas sampai kondisi mata Pleci berangsur membaik. Akan tetapi, apabila mata Pleci tidak kunjung membaik, maka bawalah Pleci tersebut ke dokter hewan atau orang yang berkompeten dalam masalah ini. Karena jika tidak, dikhatirkan kondis Pleci akan memburuk bahkan mati.