Cara Mengatasi Ciblek yang Lesu dan Lemas

Advertisement
Advertisement
Kondisi Ciblek yang lesu dan lemas memang bukanlah satu atau dua kali ditemui. Pasalnya, kondisi ini pastilah menjadi kebiasaan burung, terlebih lagi jika burung tersebut sedang memiliki gangguan kesehatan, stres, atau pun karena perawatan yang tidak maksimal.

Saat kondisi ini terjadi, tubuh burung akan terlihat lemas dan tidak bertenaga. Kendati terlihat sepele dan  berbahaya, namun kondisi ini bisa membuat kondisi burung jadi lebih parah. Burung bisa saja terkulai di bawah sangkar. Bahkan jika tidak ditangani dengan segera, burung tersebut bisa saja meregang nyawa akibat masalah ini.

ciblek lesu dan lemas

Penyebab Ciblek Lesu dan Lemas, Lengkap dengan Cara Mengatasinya
Di bawah ini merupakan hal-hal yang bisa menyebabkan kondisi burung jadi lesu dan lemas, lengkap dengan cara mengatasinya:

1. Kekurangan gizi
Gizi merupakan zat yang dibutuhkan tubuh. Saat zat ini tidak tercukupi, tubuh akan terlihat lemas, lesu, dan pada kondisi terparah, burung bisa saja mengalami penurunan fungsi organ yang membahayakan keselamatannya. Maka dari itu, untuk mencegah hal ini terjadi, berikan asupan gizi yang cukup dengan memberikan extra food (EF)/makanan ekstra dan voer yang berkualitas baik.

2. Terkena sebuah penyakit
Hal yang paling umum ditemui dari burung yang lesu dan lemas adalah penyakit. Saat sebuah penyakit menyerang tubuh, kondisi tubuh akan jadi lemas, lesu, dan tidak bertenaga. Hal itu wajar, karena hal tersebut merupakan reaksi tubuh yang terkena penyakit.

Cara mengatasi Ciblek yang lesu dan lemas akibat penyakit bisa diatasi dengan menganalisa penyakit yang Ia derita. Setelah itu, barulah burung diberikan treatment atau perawatan khusus agar penyakit tersebut sembuh.

3. Kondisi stres
Stres merupakan satu dari beberapa penyebab kondisi burung yang lesu dan lemas. Saat kondisi ini mendera, burung yang tadinya aktif dan rajin berkicau akan mendadak diam dan pasif. Untuk mengatasi hal ini, berilah Ia perawatan untuk kondisi burung yang stres. Pastikan pula rawatan hariannya ideal dan asupan multivitamin yang cukup.

4. Kurang berjemur
Berjemur adalah aktivitas burung sehari-hari. Namun bila perawatan ini tidak dilakukan dengan baik, kondisi burung akan cenderung menurun, badannya terlihat lesu, dan malas untuk berkicau. Untuk masalah ini, lakukan proses penjemuran sebagaimana mestinya.

Beberapa cara mengatasi Burung Ciblek yang lesu dan lemas di atas baiknya dilakukan sesuai dengan masalah dan penyebabnya. Dengan cara tersebut, penyembuhan akan kondisi ini pun akan terkesan mudah dan efektif.