Tips Mengatasi Pleci yang Over Birahi

Advertisement
Advertisement
Pada umumnya semua burung kicau yang dirawat oleh tangan manusia pasti akan mengalami OB atau over birahi, termasuk burung Pleci. Dengan demikian, penyebab dari masalah ini umumnya sama, yaitu karena burung memiliki birahi yang terlalu tinggi dari batas normal. Loh apa masalahnya? Masalah yang timbul dari hal ini adalah pada perilaku dan sikap Pleci itu sendiri.

Maka dari itu, mengatasi Pleci yang over birahi itu sangat wajib dan penting untuk dilakukan. Bagaimana tidak, seekor Pleci yang over birahi umumnya akan memiliki sifat dan perilaku sebagai berikut:

pleci over birahi, pleci birahi

1. Over aktif
2. Tidak bisa tenang
3. Sulit untuk dilatih
4. Suka terbang kesan kemari
5. Tidak bisa diam di tenggeran
6. Tidak mau berkicau atau pun ngeroll
7. Lebih suka ngeriwik

Jika terjadi pada momen biasa, mungkin hal ini bukanlah masalah. Akan tetapi, jika hal ini terjadi saat burung tersebut sedang mengikuti kontes atau lomba, juri pasti akan memberikan nilai yang buruk pada burung tersebut.

Tips Untuk Mengatasi Pleci yang Over Birahi
Sebenarya, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Pleci yang OB sangatlah banyak dan beragam. Jadi, dengan kata lain, Anda bisa menerapkan beberapa metode untuk mengatasi hal seperti ini. Lalu, apa saja metode, cara, dan tips mengatasi Pleci yang over birahi?

Nah berikut ini adalah metode, cara, dan tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi burung Pleci yang OB:

1. Mandikan Pleci secara rutin, kalau perlu, Anda bisa memandikan burung ini saat malam hari.
2. Hentikan pemberian extra fooding seperti kroto atau pun ulat kandang. Pasalnya, EF tersebut dipercaya memiliki kandungan zat yang dapat memicu timbulnya over birahi pada Pleci.
3. Sebagai alternatif EF, Anda bisa berikan buah-buahan seperti tomat, mentimun, dan beberapa jenis buah-buahan lainnya.
4. Dekatkan burung yang sedang OB ke koloninya, karena dengan cara ini birahi burung akan berkurang dan menurun. Tapi ingat, jauhkan burung yang sedang OB dengan lawan jenisnya. Pasalnya, selain dapat menaikan birahi burung, terkadang hal seperti ini juga akan membuat burung yang sedang OB tersebut bergantung pada lawan jenisnya.

Itulah tadi tips ampuh mengatasi Pleci yang over birahi. Sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya atur asupan pakan Pleci. Selain itu hindari juga asupan pakan yang dapat menimbulkan Pleci mengalami OB atau over birahi. Oh ya, atur juga pola dan jadwal mandi Pleci, karena dengan jadwal yang rutin, niscaya Pleci tidak akan terserang OB.