Tips Mencegah Pleci Salto

Advertisement
Advertisement
Pleci salto adalah problematika tersendiri bagi pemiliknya, karena selain sulit dikendalikan, perilaku burung seperti ini terkadang muncul saat kontes. Dan hasilnya tentu saja sangat buruk, karena burung tersebut pasti mendapatkan nilai yang buruk dari juri. Maka dari itu, jika burung ini sudah dalam kondisi seperti ini, lakukanlah penanganan secepat mungkin.

Akan tetapi, bila burung  yang Anda miliki belum mengalami hal seperti ini, Anda bisa lakukan tindakan pencegahannya. Tentu Anda tidak mau bukan memiliki  burung kacamata yang suka salto di sangkar? Maka dari itu, cegahlah perilaku tersebut sebelum terjadi.

pleci salto

Tips untuk Mencegah Pleci Salto
Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa tips mencegah Pleci salto yang bisa Anda terapkan. pada dasarnya tips mencegah perilaku ini sangatlah banyak. Tapi, dari beberapa tips yang sudah ada, ada salah satu tips yang mudah, praktis, dan banyak digunakan oleh Plecimania. Lalu, apa dan bagaimana cara melakukan tips tersebut? Mari kita simak materinya di bawah ini.

Berikut ini adalah tips untuk mencegah timbulnya perilaku salto pada burung kacamata:

1. Hindari kondisi stres pada Pleci
Stres adalah penyebab utama perilaku ini terjadi. Maka dari itu, untuk mencegah perilaku ini, hindarkan burung kesayangan Anda dari gangguan dan hal-hal lain yang memicu stres. Disamping itu, jangan lupa untuk menata dan merawat kondisi sangkar dan lingkungannya agar senantiasa nyaman, karena lingkungan yang tidak nyaman adalah salah satu dari penyebab stres itu sendiri.

2. Menempatkan tangkringan agar mepet ke langit-langit sangkar
Metode  ini dilakukan untuk mencegah Pleci salto. Sedangan cara kerja dari metode ini sendiri sangat sederhana, yaitu dengan meminimalisir ruang burung untuk melakukan salto. Jadi, dengan kondisi tangkringan yang dekat dengan langit-langit, itu akan membuat ruang burung sendiri akan jauh lebih sempit untuk melakukan salto.

3. Menggunakan CD / compact disk
Cara ini adalah alternatif  yang belakangan banyak digunakan oleh Plecimania. Karena selain mudah dilakukan, cara ini pun memiliki dampak yang sangat baik karena dapat meredam bahkan menghentikan kegiatan salto yang dilakukan burung. Sedangkan untuk cara penerapannya sendiri, Anda cukup pasangkan CD tersebut di atap sangkar, dengan bagian CD yang mengilap menghadap ke bawah.

Nah itu tadi adalah tips dan cara untuk mencegah Pleci salto. Selain mudah, cara-cara di atas juga sangat ampuh dan manjur untuk meminimalisir perilaku salto pada burung kesayangan Anda. Kendati perilaku bawaan, namun jika perilaku tersebut mengganggu, Anda bisa saja meminimalisir bahkan menghilangkan kebiasaan tersebut untuk kebaikan burung itu sendiri.