Tanda Tanda Pleci Mabung Diluar Waktunya

Advertisement
Advertisement
Pleci mabung diluar waktunya terkadang sering sekali terjadi, terlebih untuk burung dewasa yang benar-benar kekurangan asupan pakan. Tapi, kendati demikian, bukan berarti burung muda tidak mungkin mengalami hal yang sama. Pasalnya, hal ini bisa saja terjadi, terutama jika seekor  burung kekurangan asupan pakan yang cukup.

Ya, asupan pakan yang tidak maksimal adalah salah satu dari beberapa penyebab Pleci mengalami mabung yang abnormal ini. Tapi, jika hal ini terjadi pada burung kesayangan Anda, janganlah khawatir. Pasalnya, hal seperti ini umumnya dicegah dan diatas, asalkan Anda tahu tanda-tandanya. Lalu, apa saja tanda-tanda yang ditimbulkan dari Pleci yang mengalami kondisi ini?

pleci mabung

Tanda-Tanda Sebelum Pleci Mabung Diluar Waktunya
Tanda-tanda Pleci mabung diluar waktunya umumnya bisa dikenali dengan kasat mata. Untuk itu sagat mudah untuk mengenali burung kacamata yang akan mengalami mabung diluar waktu yang seperti biasa. Tapi, kendati mudah, bukan berarti Anda bisa sepelekan begitu saja. Pasalnya, beberapa dari tanda-tanda ini sangat mirip dengan tanda-tanda sebuah penyakit. Maka dari itu, dibutuhkan ketelitian dalam menganaliasa tanda-tanda tersebut.

Berikut ini adalah tanda-tanda sebelum burung ini mengalami mabung yang abnormal:

1. Burung ini kerap kali mengembangkan bulu-bulu yang Ia miliki.
2. Tampilan burung terlihat gemuk dan berbeda dengan kondisi normal.
3. Bulu-bulu halus yang dimiliki burung tersebut rontok dan berhamburan.
4. Bulu layaknya uban tumbuh pada bagian leher dan atas kepala burung tersebut.

Perawatan Untuk Pleci yang Mabung Diluar Waktunya
Mengenali tanda Pleci yang mabung diluar waktunya saja tidak cukup untuk mengatasi permasalahan ini. Karena jika burung tersebut sudah terindikasi akan mengalami mabung sebelum waktunya, itu berarti Kita harus lakukan perawatan seperti berikut:

1. Lakukan perawatan burung yang sedang mabung sebagai mana mestinya.
2. Berikan asupan buah manis saat kondisi mabung.
3. Berilah pada Kerodong sangkar selama masa mabung, dan baru bisa dibuka sedikit demi sedikit sampai masa mabung selesai.
4. Pemberian EF dan nektar buatan seperti air gula merah dan madu bisa tetap diberikan pada kondisi ini.

Pada dasarnya, untuk mengatasi masalah seperti ini haruslah mengacu pada tanda-tanda yang terlihat. Apabila tanda-tanda Pleci mabung diluar waktunya belum terlihat, maka jangan dulu lakukan cara penanganan seperti di atas. Akan tetapi, jika Anda melihat tanda-tanda tersebut pada burung Anda, maka lakukanlah tindakan penanganna dengan segera untuk mencegah hal buruk yang bisa saja terjadi.