Tanda Tanda Indukan Pleci Siap Bertelur

Advertisement
Advertisement
Tanda-tanda indukan Pleci siap bertelur pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan tanda-tanda yang ada pada burung kicau lainnya seperti, Murai Batu, Lovebird, Kacer, atau pun beberapa burung yang lain. Dengan hal ini, itu berarti Anda bisa dengan mudah melihat tanda-tanda yang nampak saat Pleci ini akan bertelur.

Tapi ingat, walaupun tanda-tanda tersebut mudah dikenali, bukan berarti tanda-tanda tersebut bisa begitu saja disepelekan. Pasalnya, jika Anda melewatkan tanda-tanda tersebut, maka indukan yang siap bertelur tersebut akan terlantar dan tidak mendapat penanganan dengan baik. Lalu, apa saja tanda-tanda yang terlihat saat Pleci siap mengeluarkan telurnya?

indukan pleci

Ciri-Ciri Pleci yang Siap Bertelur
Ada beberapa ciri-ciri Pleci yang siap bertelur yang bisa Anda kenali dengan mudah. Selain itu, beberapa diantaranya adalah ciri-ciri yang sulit dikenali. Maka dari itu, untuk mengamati ciri-ciri tersebut, Anda haruslah teliti dan fokus. Selain untuk mempermudah Anda mengenali ciri-ciri tersebut, hal ini juga akan membantu Anda mengenali ciri-ciri yang tampak saat Pleci betina akan bertelur.

Lalu, bagaimana ciri-ciri yang dimaksud? Nah, berikut ini adalah ciri-ciri yang umumnya keluar saat Pleci betina akan bertelur:

1. Berat badan Pleci naik
Hal ini terjadi karena pengaruh dari berat telur dalam perut Pleci itu sendiri. Dengan kata lain, semakin tua usia telur dalam perut Pleci, maka semakin besar juga perut Pleci. Dan apabila perut Pleci semakin besar, maka semakin berat juga bobot Pleci tersebut.
2. Nafas Pleci yang terengah-engah
Tanda Pleci yang siap bertelur ini umumnya akan keluar saat Pleci sudah akan benar-benar bertelur. Pasalnya, saat kondisi ini terjadi, telur di dalam perut Pleci akan membesar dan membuat Pleci tersebut sesak nafas.
3. Pantat Pleci akan bertambah besar
Hal ini berkaitan dengan posisi telur dalam perut Pleci, saat telur tersebut siap keluar telur tersebut akan memposisikan dirinya didekat pantat Pleci. Nah, karena hal ini terjadi, maka pantat Pleci pun akan semakin besar.
4. Indukan betina Pleci akan lebih suka berdiam diri
Perilaku seperti ini umumnya terjadi beberapa hari sebelum Pleci tersebut bertelur. Karena saat Ia akan bertelur, Pleci cenderung lebih mempersiapkan diri dengan berdiam diri dan menyiapkan sarang atau tempatnya bertelur nanti.

Jika Anda memiliki pasangan Pleci, tanda-tanda Pleci yang siap bertelur di atas bisa Anda jadikan sebagai patokan tersendiri untuk melihat indukan Pleci Anda sudah siap bertelur atau belum. Jika iya, maka segeralah lakukan persiapan sedini mungkin. Tapi jika belum, maka berikan pasangan tersebut treatment yang berguna untuk mempercepat pembuahan telur.