Pola Perawatan Burung Pleci Tanpa Voer

Advertisement
Advertisement
Voer dan burung adaalah kedua hal yang tidak bisa dipisahkan. Voer sebagai makanan utama burung kicau adalah makanan yang paling banya digunakan untuk merawat burung. Pasalnya, selain mengenyangkan, makanan ini pun mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan seekor burung. Jadi, dalam merawat burung Pleci atau pun burung lainnya, voer haruslah diberikan sebagai makanan utama setiap harinya.

Tapi, apakah demikian? Ternyata tidak. Selain pola perawatan dengan voer, ternyata ada perawatan yang sebaliknya. Ya, pola perawatan burung Pleci tanpa voer memang belum banyak dikenal. Akan tetapi, perawatan yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif pilihan dalam merawat Pleci.

perawatan pleci

Jenis Perawatan Burung Pleci Tanpa Voer
Di era sekarang, banyak sekali jenis perawatan alternatif yang banyak digunakan pemilik Pleci, termasuk pola perawatan yang satu ini. Tapi, tahukah Anda pola perawatan yang dimaksud? Dan, apa manfaat yang dapat didapatkan dari pola perawatan yang satu ini?

Sesuai namanya, pola perawatan ini memang tidak mengandalkan voer sebagai menu utama untuk pakan burung, melainkan menggunakan beberapa jenis pakan lain seperti, serangga, buah-buahan, atau pun tepung serangga.

Adapun contoh pola perawatan burung Pleci tanpa voer sendiri adalah sebagai berikut:

1. Pola perawatan dengan pakan serangga
Untuk metode ini, jenis Pleci yang digunakan adalah Pleci Ombyokan yang baru dibeli dari pasar. Pasalnya, jika pemilik Pleci tersebut menggunakan metode ini, maka dalam kurung waktu seminggu Pleci-Pleci tersebut akan segera membuka paruhnya.

Adapun pola perawatan dari metode ini sendiri adalah sebagai berikut:

a. Jemurlah Pleci dari jam 5 pagi sampai jam 10 siang
b. Setelah proses penjemuran selesai, berikanlah Ia pakan ulat kandang sebanyak 1 cepuk dan susu kental manis sebanyak setengah cepuk. Setelah malam tiba, berikan Ia satu cepuk ulat kandang dan setengah cepuk madu.
c. Saat siang hari, sekitar pukul 13.00, lakukanlah pemasteran dengan menggunakan audio atau mp3 dengan volume suara yang relatif keras.
d. Pada malam hari, tempatkan sangkar Pleci ditempat yang tinggi tanpa harus dikerodong.

Nah, itu tadi adalah contoh pola perawatan burung Pleci tanpa menggunakan voer. Jadi, jika Anda ingin melakukan perawatan alternatif untuk Pleci, Anda bisa melakukan pola perawatan yang tercantum di atas. Oh ya, untuk menjaga kondisi tubuh Pleci agar tetap sehat dan staminanya prima, Anda juga bisa memberikan burung tersebut asupan multivitamin dan suplemen yang cukup.