Mengatasi Pleci yang Suka Mengacak-acak Pakan

Advertisement
Advertisement
Mengatasi Pleci yang suka mengacak-acak pakan sebenarnya cukup mudah, Anda juga tidak perlu melakukan perawatan khusus atau semacamnya. Pasalnya, perilaku ini sendiri terjadi atas dasar sifat alami burung yang rakus. Sedangkan untuk mengatasi perilaku rakus itu sendiri cukup sulit, bahkan tidak mungkin.

Kendati sulit, namun Anda masih bisa meredan dan mengurangi sifat tersebut. Lalu, bagaimana cara yang harus Kita lakukan untuk melakukan hal seperti ini? Untuk melakukan hal ini, Anda cukup melakukan beberapa inovasi saat memberikan burung ini pakan.

pleci mengacak-acak pakan, pleci makan, pleci mengacak pakan

Mengatasi Pleci yang Mengacak-acak Pakan
Sebenarnya untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa metode yang harus digunakan. Tapi, untuk mempermudah proses, Anda cukup melakukan perubahan pada pemberian pakan saja. Lalu, seperti apa perubahan yang berguna untuk mengatasi Pleci yang suka mengacak-acak pakan tersebut? Yuk kita simak di materi berikut.

Berikut ini adalah perubahan yang harus dilakukan untuk mengatasi burung yang gemar mengacak-acak pakan:

1. Tempatkan alas karpet pada kandang
Penggunaan alas ini berguna untuk mencegah pakan yang berserakan di lantai kandang. Karena pada dasarnya cara ini untuk mencegah berserakannya pakan, maka Anda harus menempatkan karpet ini tepat di atas cepuk atau tempat makan burung.

Adapun cara penerapan metode ini sendiri adalah sebagai berikut:
  • Siapkan alas karpet, bisa berupa kertas koran atau pun kain. 
  • Setelah itu, letakan alas tersebut persis di bawah area makan burung. 
  • Biarkan burung makan dengan sepuasnya. 
  • Setelah burung selesai makan, Anda tarik alas beserta pakan yang berserakan di atasnya. 
  • Kemudia bersihkan alas tadi agar bisa digunakan kembali. 

2. Memberikan penutup pada cepuk
Cara mengatasi Pleci yang gemar mengacak-acak pakan ini digunakan untuk burung yang sudah parah, atau burung yang sangat selektif. Pasalnya, dengan cara ini burung-burung tersebut akan mengurangi perilaku over selektifnya.

Karena mau tidak mau mereka harus makan apa yang dapat mereka jangkau. Cepuk seperti ini umumnya dijaul di toko burung. Jadi, untuk menerapkan metode ini, Anda bisa membeli cepuk ini di toko burung terdekat.

Satu lagi, dalam menerapkan metode di atas, pastikan Anda memberika pakan-pakan yang memang disukai burung. Pasalnya, pakan-pakan tersebut akan membantu proses untuk penanganan Pleci yang gemar mengacak-acak pakan ini berjalan dengan lancar. Disamping itu, cara di atas sebaiknya dilakukan apabila burung sudah terlalu selektif saja. Jika masih dalam kondisi wajar, sebaiknya jangan dilakukan. Karena hal tersebut mungkin akan membuat nafsu makan burung berkurang.