Mengenal Pleci Sangihe, Pleci Langka yang Terancam Punah

Advertisement
Advertisement
Dari beberapa jenis Pleci, Pleci Sangihe adalah burung kacamata langka yang terancam punah. Bahkan, menurut beberapa ilmuan yang melakukan riset, di hutan hanya tersisa sedikitnya 50 ekor individu dewasa saja.   Nah, dengan jumlah segitu dan luas habitat yang sempit, hal ini tentu memicu kekhawatiran akan kepunahan burung cantik yang satu ini.

Dan yang lebih parahnya lagi, burung ini masih belum masuk ke dalam daftar satwa langka yang dilindungi sebagaimana pada PP no. 7 tahun 1999. Dengan kata lain, itu bearti tidak akan ada tindakan dari pemerintah RI untuk melindungi Pleci langka ini. Tapi, terlepas dari masalah tadi, mari Kita sama-sama mengenali bagaimana rupa, ciri fisik, dan karakter burung cantik ini.

pleci sangihe

Mengenal Ciri Fisik Pleci Sangihe
Mengenal ciri fisik Pleci Sangihe sejatinya tidak terlalu sulit, bahkan terbilang mudah. Asalkan memiliki referensi dan sumber informasi yang jelas tentang ciri fisik burung langka ini. Tapi yang jelas, untuk mengenali burung cantik ini sangat mudah, karena Ia memiliki ciri-ciri fisik yang lain dari spesies burung yang lain.

Beriku ini adalah ciri fisik yang bisa Anda kenali dari burung langka yang satu ini:

  1. Memiliki ukuran tuuh sekitar 12 cm 
  2. Bulu Pleci ini berwarna hijau di bagian tubuh atas, namun dipinggir-pinggirnya berwarna kuning cerah 
  3. Memiliki dahi dan ekor yang berwarna gelap 
  4. Lingkar mata burung ini berwarna putih dan melebar
  5. Burung cantik ini memiliki pipi, tenggorokan, dan penutup ekor yang berwarna kuning 
  6. Burung ini memiliki perut dengan warna bulu abu-abu 
  7. Dan memiliki paruh dan kaki berwarna jingga gelap 

Sedangkan untuk karakter suara, burung ini memiliki suara yang merdu, dengan ciri sebagai berikut:

  1. Suara yang sedikit lantang 
  2. Memiliki irama lagu yang lebih cepat 
  3. Pada dasarnya, suara burung ini hampir sama dengan suara Pleci Dahi Hitam. Hanya saja suara yang dimiliki Pleci ini jauh lebih bersih, halus, dan tipis. 

Nah itu tadi adalah beberapa profil singkat mengenai burung ini. Satu lagi, burung ini memiliki habitat di Pulau Sangihe, Sulawesi Utara. Sedangkan untuk habitat pastinya sendiri, burung ini sering tinggal di daerah hutan primer pada ketinggian 700 – 1000 mdpl.
Bagaimana? Setelah membawa materi di atas, Anda sudah mengenal Pleci Sangihe, Pleci langka yang terancam punah bukan? Jika sudah, mari Kita sama-sama menjaga kelestarian burung cantik ini dengan mencegah perdagangannya di pasar burung.