Penyebab Pleci Mati Mendadak

Advertisement
Advertisement
Problem Pleci mati Mendadak belakangan sering dialami Plecimania. Karena sebab yang tidak jelas, beberapa burung yang mereka miliki tiba-tiba mati. Padahal beberapa hari sebelumnya kondisi burung ini sehat, dan tidak menderita suatu penyakit apa pun. Setelah Kita telaah bersama, ternyata kematian burung-burung ini karena sebuah hal tertentu.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan burung kicau mati mendadak, terlebih lagi jika burung tersebut adalah burung pemakan serangga seperti Pleci, Murai Batu, dan beberapa jenis burung lainnya. Maka dari itu, untuk mengantisipasi kematian mendadak ini, pemilik burung, termasuk burung kacanata, haruslah menghindari penyebab-penyebab tersebut.

pleci mati mendadak, pleci mati

Hal yang Menyebabkan Pleci Mati Mendadak
Penyebab Pleci mati mendadak pada dasarnya sangatlah banyak, namun dari seluruh penyebab tersebut ada beberapa yang paling umum dan sering dijumpai Plecimania. Lalu, apa saja penyebab-penyebab tersebut? Yuk kita simak materi di bawah ini.

Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan seekor burung kacamata tiba-tiba mati:

1. Stroke karena kepanasan
Saat pemilik menjemur burung ini, usahakan jangan lakukan terlalu lama. Idealnya, untuk menjemur burung ini hanya cukup dilakukan selama 1-2 jam saja. Itu pun tidak boleh lebih dari jam 10. Pasalnya, jika Anda menjemur burung terlalu lama, bisa jadi Ia akan merasa kepanasan, dan dari hal tersebut bisa memicu stroke yang bisa berakibat kematian pada burung itu sendiri.

2. Pleci mengalami over stres
Burung Pleci mati mendadak juga bisa terjadi karena over stres. Karena saat hal ini terjadi, burung ini umumnya akan uring-uringan, tidak mau makan, dan ujung-ujungnya Ia akan sakit dan mati. Maka dari itu, hindari perilaku stres pada burung, terlebih bagi burung yang masih bakalan. Karena burung yang masih muda umumnya mudah  sekali stres.

3. Menghirup polusi udara
Kegiatan ini juga bisa mengakibatkan seekor burung mati. Karena saat burung tersebut menghirup polusi udara, itu berarti sama saja dengan burung tersebut menghirup racun yang tersebar di udara.

4. Keracunan makanan
Sama halnya dengan keracunan udara, kercunan pakan juga bisa mengakibatkan burung mati. Maka dari itu, untuk mencegah hal ini terjadi, bijaklah dalam memilih pakan, terlebih untuk serangga dan buah yang Ia konsumsi.

Pada dasarnya, mencegah Pleci mati mendadak itu sangat mudah. Anda hanya perlu merawat dan melatihnya dengan baik, memberinya asupan pakan yang sehat dan bernutrisi, dan berikan hindari keempat penyebab kematian mendadak pada Pleci di atas. Saat Anda menerapkan hal-hal yang Kami sebut di atas, niscaya kematian mendadak pada Pleci tidak akan lagi terjadi.