Seluk Beluk Perawatan Pleci untuk Pemula

Advertisement
Advertisement
Perawatan Pleci untuk pemula adalah salahsatu metode perawatan burung yang dibuat seminimalis mungkin. Tujuannya cuma satu, yaitu agar pemula yang berniat belajar dan mencoba peruntungannya di dunia ternak burung dimudahkan. Disamping itu, metode perawatan ini sendiri fleksibel dan bisa digunakan oleh siapa saja, termasuk para peternak yang sudah senior.

Pada dasarnya, metode perawatan untuk pemula tidak jauh berbeda dengan metode perawatan yang umum dilakukan oleh master burung. Hanya saja, ada beberapa detail perawatan yang memang dibuat mudah. Lalu, seperti apa sih metode perawatan yang dimaksud? Dan, bagaimana cara penerapannya?

perawatan pleci

Metode Perawatan Pleci Untuk Pemula
Metode perawatan Pleci untuk pemula yang banyak digunakan adalah metode pemahaman karakter burung. Ya, dengan cara ini pemilik diwajibkan tahu dan mengerti dengan kondisi fisik dan kejiwaan burung yang Ia rawat. Selain untuk menjaga kondisi burung yang dirawat agar tetap terjaga, tujuan lain dari metode ini adalah untuk memunculkan kedekatan antara pemilik dan burung yang dipelihara.

Sedangkan untuk memunculkan kedekatan tersebut, pemilik atau pun pemelihara haruslah mengetahui beberapa karakter burung yang Ia miliki.

Nah, adapun karakter yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Burung kacamata yang sudah tua atau muda pada dasarnya bisa diketahui dari lingkar matanya. Apabila Ia memiliki lingkar mata yang tebal, itu berarti usia burung pun sudah tua.
2. Layaknya perilaku pada Lovebird, saat ingin kawin burung ini pun akan merobek kertas atau pun mengacak-acak sangkar yang Ia tempati.
3. Burung ini adalah burung yang mudah akrab. Jadi, pola perawatan Pleci untuk pemula seharusnya mengacu pada banyaknya interaksi yang dilakukan pemilik dengan burung peliharaanya. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk interaksi itu sendiri adalah sebagai berikut:
a. Perbanyak perawatan mandi semprot
b. Ajak burung berkicau dengan siulan
4. Burung ini adalah jenis burung yang memiliki mood yang suka drop. Jadi, untuk mencegah hal mengatasi mood yang drop tersebut, Anda bisa membawa burung ini jalan-jalan, menggantangnya di tempat tinggi, atau pun mengajak burung ini menikmati udara yang masih segar.

Walaupun sederhana, namun metode di atas sangatlah ampuh untuk memicu kedekatan antara pemilik dan burung yang dipelihara. Tapi yang jelas, seluk beluk perawatan Pleci untuk pemula seperti di atas sangat baik untuk dilakukan. Terlebih lagi jika Anda menginginkan kedekatan dengan burung ini. Kendati metode yang digunakan sederhana, namun jika dilakukan dengan baik dan benar, niscara akan menghasilkan performa yang baik untuk burung kelak.