Perawatan Pleci Koloni Dalam Kandang Aviary

Advertisement
Advertisement
Pada dasarnya Pleci adalah spesies burung koloni. Dengan kata lain, Ia akan lebih aktif dan rajin bunyi jika melihat burung sejenis. Maka dari itu, perawatan Pleci koloni jauh lebih banyak digunakan. Karena selain dapat membuat burung ini rajin berkicau, hal ini pun berguna untuk mencegah stres pada burung itu sendiri.

Tapi terlepas dari pada itu, perawatan ini tidaklah sembarangan. Karena ada beberapa tahap dan cara khusus. Terlebih lagi untuk kandang yang digunakan. Untuk memaksimalkan perawatan ini, seorang Plecimania haruslah menggunakan kandang Aviary yang memang sudah dikhususnya untuk perawatan semacam ini.

pleci koloni

Pola Perawatan Pleci Koloni
Seperti yang Kami sampaikan di atas. Bahwasanya, untuk melakukan perawatan ini sendiri, ada cara dan metode khusus yang harus digunakan. Lalu, cara seperti apa yang harus dilakukan untuk menerapkan pola perawatan ini? Untuk mengetahuinya, mari Kita simak materi di bawah ini.

Berikut ini adalah pola perawatan Pleci koloni dalam kandang Avery yang harus diterapkan Plecimania:

1. Mempersiapkan kandang Avery
Tidak ada ukuran pasti tentang bagaimana dan seperti kandang Avery yang ideal. Tapi yang jelas, sebuah kandang yang ideal adalah kandang yang nyaman dan aman ditinggali burung tersebut. Namun, untuk membentuk kesan cantik dan indah, Anda bisa tambahkan beberapa ornamen seperti tanaman dan beberapa detail hiasan lainnya.

2. Menyiapkan Pleci
Umumnya burung yang diberikan perawatan ini adalah burung yang masih bakalan atau pun ombyokan. Hanya saja, untuk memilih Pleci yang bisa ditempatkan di kandang Avery sendiri tidaklah mudah.

Karena burung tersebut harus masuk dalam spesifikasi burung yang sehat dan ideal sebagai berikut:

a. Burung yang aktif
b. Kondisi kesehatan burung baik dan tidak memiliki riwayat penyakit apa pun
c. Tidak cacat

3. Perawatan rutin
Untuk pola perawatan harian Pleci koloni sendiri pada dasarnya sedikit berbeda, perbedaan tersebut terletak pada pemberian pakan, pelatihan, dan beberapa perawatan lainnya.

Nah, adapun pola perawatan harian yang dimaksud adalah:

a. Pemberian pakan burung harus dilakukan menggunakan 2 cepuk pakan yag berbeda.
b. Pemberian EF jenis kroto sebaiknya dihentikan, karena dapat memicu datangnya semut yang membahayakan keselamatan burung itu sendiri.

Perawatan ini sendiri memiliki tujuan untuk mencegah timbulnya stres pada burung. Disamping itu,  perawatan ini juga berguna untuk memaksimalkan perkembang biakan burung secara alami, karena jika perawatan ini diterapkan, itu berarti antara burung jantan dan betina bisa saling mengenal. Dengan kata lain, perawatan  Pleci koloni dalam kandang Avery ini membantu mempercepat pendekatan pejantan dan betina untuk proses penjodohan secara alami.