Perawatan Burung Pleci Menjelang Lomba

Advertisement
Advertisement
Perawatan burung Pleci menjelang lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kicau lainnya seperti, Murai Batu, Lovebird, Kacer, Cucak Hijau, atau pun burung kicau lainnya. Hanya saja, untuk beberapa hal seperti pakan dan beberapa pola perawatan lain, nampaknya harus sedikit dibedakan.

Pasalnya, mengingat tidak semua burung kicau menggunakan satu pola perawatan yang sama. Karena setiap burung pasti memiliki sesuatu yang berbeda, maka dari itu, pola perawatan pun umumnya akan berbeda. Tapi, berbicara mengenai perawatan, tahukah Anda bagaimana cara merawat Pleci?

pleci lomba

Cara Merawat Pleci Menjelang Lomba
Untuk menghasilkan hasil lomba yang baik, setiap pemilik Pleci pasti melakukan segala macam perawatan dan pelatihan untuk burung kesayangannya. Akan tetapi, sebagian dari mereka terkedang tidak paham dan tidak mengerti cara-cara merawat burung Pleci menjelang lomba.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena pola perawatan yang salah, maka berikut ini adalah contoh rangkaian perawatan untuk Pleci yang akan mengikuti lomba:

1. Saat malam sebelum lomba berlangsung, pada pukul 19.00 malam, Anda wajib memandikan burung yang satu ini dengan menggunakan sprayer. Tapi ingat, burung haruslah basah kuyup. Sedangkan untuk jarak penyemprotannya sendiri, ada baiknya Anda lakukan penyemprotan ini dengan jarak setengah meter.
2. Setelah itu, Anda angin-anginkan Pleci sampai kering. Nah, disamping melakukan kegiatan ini, Anda bisa selingin dengan pemberian makan berupa 3 ekor ulat hongkong dan 2 sendok teh kroto pada Pleci.
3. Jika kegiatan di atas sudah selesai, maka Anda kerodong burung ini sampai pagi hari dan biarkan Ia istirahat.
4. Pada pagi harinya, untuk menjaga stamina dan kondisi fisik Pleci, Anda haruslah memandikan burung ini sampai basah kuyup. Adapun untuk caranya sendiri, Anda bisa melakukan cara-cara seperti tips nomor satu di atas.
5. Setelah itu, saat Pleci sudah sampai di tempat lomba, Anda bisa melakukan pengecasan suara Pleci dengan cara membiarkannya berkicau sampai puas selama 15 menit. Setelah 15 menit, maka kerodong kembali Pleci jagoan Anda.
6. Sebelum lomba ini berlangsung, ingat, pastikan sangkar burung kesayangan Anda bersih dan terbebas dari berbagai macam kotoran apa pun, termasuk sisa pakan Pleci.

Perlu Anda ketahui, selain menerapkan perawatan  Pleci menjelang lomba di atas, Anda juga wajib menerapkan pola perawatan dan pelatih yang rutin setiap harinya. Pasalnya, jika pola perawatan rutin dan pola perawatan di atas digabungkan jadi satu, maka niscaya Pleci akan memberikan penampilan terbaik untuk Anda. Disamping itu, jika Pleci Anda tampil baik, maka peluang Pleci untuk juara pun akan semakin terbuka lebar.