Gejala Serangan Penyakit Cacingan Pada Pleci

Advertisement
Advertisement
Burung Pleci adalah salah satu dari beberapa jenis burung kicau yang pintar. Disamping itu, Ia juga memiliki kemampuan berkicau yang sangat baik. Nah, dengan alasan itulah burung ini kerap kali dijadikan sebagai burung peliharaan. Pasalnya, selain memiliki suara yang merdu, Pleci sendiri adalah salah satu burung yang mudah dirawat loh.

Akan tetapi, dibalik kemudahan tersebut, ada beberapa penyakit yang kerap menyerang burung cantik ini. Dan dari beberapa penyakit yang sering menyerang Pleci, penyakit cacingan adalah penyakit yang umum diderita Pleci. Penyakit cacingan pada Pleci sendiri disebabkan karena adanya parasit berupa cacing yang berkembang biak di tubuh Pleci.

pleci cacingan

Gegala Burung Pleci yang Cacingan
Layaknya penyakit burung pada umumnya, cacingan juga memiliki gejala yang dapat Kita lihat secara kasat mata. Selain memudahkan proses menganalisa, gejala yang tampak juga bisa Kita jadikan sebagai acuan seberapa parahkah penyakit cacingan yang diderita burung kesayangan Anda. Lalu, apa saja sih gejala-gejala yang dimaksud?

Adapun gejala serangan penyakit cacingan pada Pleci itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • Badan Pleci akan terlihat kurus. 
  • Meskipun badan Pleci terlihat kurus, umumnya burung yang sedang cacingan tidak akan kehilangan nafsu makannya. 
  • Burung akan terlihat lebih pasif dan lebih banyak diam. 
  • Pleci yang terkena cacingan umumnya akan terlihat mengantuk dan malas. 
  • Pleci yang sedang cacingan umumnya akan mengembangkan bulu-bulunya. 
  • Jika dalam kondisi yang kronis, Pleci yang cacingan umumnya akan memuntahkan makanannya kembali. Pasalnya, jika cacingan ini dibiarkan begitu saja, organ pencernaan dalam tubuh Pleci akan mengalami infeksi. 

Penyebab Cacingan Pada Pleci
Ada beberapa hal yang menjadi penyebab penyakit cacingan pada Pleci. Dan dari beberapa penyebab tersebut, sedikitnya ada 3 penyebab paling umum yang mudah dikenali. Nah, adapun penyebab yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Sangkar yang kotor 
  • Makanan yang kotor dan mengendung larva cacing 
  • Air yang kotor dan tercemar 

Ketiga penyebab di atas adalah penyebab yang sangat sering menimbulkan cacingan pada Pleci. Maka dari itu, untuk menghindarkan Pleci dari cacingan, ada baiknya Anda jauhkan ketiga hal di atas dari Pleci kesayangan Anda.

Oh ya, jika Pleci Anda sudah mengalami cacingan, berikanlah penanganan dengan segera dengan memberikan obat cacing khusus burung pada Pleci kesayangan Anda. Tapi, jika Pleci belum terkena cacingan, ada baiknya Anda lakukan pencegahan penyakit cacingan pada Pleci dengan merawat kondisi kesehatan dan kebersihan Pleci secara rutin.