Mengenal Masalah Pleci di Arena Lomba

Advertisement
Advertisement
Sudah bukan hal aneh lagi jika banyak orang sering mengikut sertakan burung ini di arena lomba. Karena selain memiliki suara yang merdu, Pleci juga memiliki skill yang sangat baik. Dengan alasan ini, maka tidak heran banyak sekali orang yang mengikut sertakan burung Pleci ke arena kontes.

Tapi tahukah Anda, disamping memiliki ketangkasan dalam hal skill berkicau, burung ini juga kerap mengalami masalah saat di arena lomba. Masalah Pleci di arena lomba sendiri bermacam-macam. Tapi yang jelas, masalah-masalah ini sangatlah berengaruh pada penilaian juri dan performa Pleci itu sendiri. Lalu, apa saja masalah-masalah yang dimaksud? Untuk lebih jelasnya, yuk Kita simak materi berikut.

pleci lomba

Masalah Pleci di Arena Lomba
Saat seekor Pleci mengikuti kontes, Ia sering kali menunjukan perilaku yang bermasalah. Lalu, apa saja perilaku yang dimaksud?

Berikut adalah perilaku bermasalah yang kerap dilakukan Pleci saat lomba atau kontes:

1. Pleci diam saja saat kontes
Hal ini terjadi umumnya karena kondisi Pleci kurang sehat, atau bisa jadi Ia sedang menderita sebuah penyakit tertentu. Tapi disisi lain, besar kemungkinan juga Pleci tersebut tidak memiliki birahi yang baik dan cukup untuk diikut sertakan pada kontes.

2. Pleci Bermain sebentar
Umumnya hal ini terjadi karena Pleci tersebut terlalu ngotot di awal. Lalu saat di pertengahan atau di akhir, Ia akan loyo dan kekurangan stamina.

3. Pleci kurang bertenaga
Masalah Pleci di kontes Pleci ini sering kali terjadi. Penyababnya sendiri beragam, namun hal utama yang menyebabkan masalah ini adalah karena setingan pakan atau pun setingan EF yang kurang tepat.

4. Burung Pleci yang bersuara serak
Hal ini umumnya terjadi karena asupan pakan, udara, dan kondisi lingkungan yang kurang baik. Maka dari itu, untuk mencegah hal ini, sebaiknya kondisikan pakan. Udara di sekitar sangkar, dan kondisi lingkungan agar nyaman dan baik untuk kesehatan Pleci itu sendiri.

5. Pleci yang ngeruji
Ngeruji adalah sebuah kondisi dimana keadaan Pleci sering menempel pada ruji sangkar. Adapun penyebabnya sendiri adalah karena Pleci tersebut sedang mengalami OB.

Kelima masalah di atas adalah masalah-masalah yang umumnya ditemui Plecimania saat lomba berlangsung. Walaupun tidak terlalu sulit dikenali, namun mengenal masalah Pleci di arena lomba seperti di atas perlu Anda lakukan. Pasalnya, selain menambah wawasan, hal ini juga berguna untuk mengetahui beberapa penyebab yang menimbulkan masalah ini terjadi.