7 Ciri-Ciri Pleci Siap Lomba

Advertisement
Advertisement
Pada umunya ciri-ciri Pleci siap lomba tidaklah jauh berbeda dengan jenis-jenis burung kicau lain, seperti Kacer, Murai Batu, Lovebird, atau pun burung kicau lainnya. Bahkan pada beberapa kasus, ciri-ciri pada Pleci justru lebih mudah diamati dan dikenali.

Perlu Anda ketahui, burung Pleci yang telah siap mengikuti lomba umumnya akan diincar dan dicari Plecimania. Pasalnya, Pleci dengan kondisi seperti ini akan lebih mudah dirawat dan dilatih. Akan tetapi, untuk masalah harga, burung dengan kesiapan yang matang pasti akan memiliki harga yang tinggi. Namun harga seperti itu dirasa pantas, karena mengingat kualitas dari burung juga sudah bagus dan baik.

pleci siap lomba, pleci lomba

Ciri Pleci yang Sudah Siap Mengikuti Lomba
Untuk mengetahui seekor Pleci sudah siap Lomba atau tidak, Anda bisa mengetahuinya dari beberapa ciri yang ditampilkan oleh Pleci itu sendiri.

Nah, adapun ciri Pleci sudah siap mengikuti lomba sendiri adalah sebagai berikut:

1. Usia yang sudah matang
Usia yang matang adalah syarat utama seekor burung mengikuti kontes, baik Lovebird, Murai Batu, atau pun Pleci, semuanya harus mengikut kontes dalam kondisi mental, usia, dan fisik yang matang. Sedangkan untuk usia matang Pleci sendiri umumnya berkisar sekitar 6 bulan ke atas.

2. Kondisi kesehatan Pleci yang baik
Ciri lain Pleci yang sudah siap ikut kontes adalah kondisi kesehatan yang bagus. Tanpa kondisi ini, seekor Pleci tidak akan mungkin bisa tampil sempurnya dalam kontes atau pun lomba.

3. Birahi yang matang dan stabil
Seekor Pleci baru bisa ikut lomba apabila Ia sudah memiliki kondisi birahi yang sudah stabil dan matang. Pasalnya, tanpa birahi yang stabil, seekor Pleci tidak akan mampu berkicau atau pun menunjukan penampilan yang baik.

4. Gacor dan rajin bunyi
Ciri utama seekor Pleci sudah siap lomba adalah gacor. Ya, gacor adalah perliku berkicau Pleci yang dilakukan secara terus menerus. Akan tetapi, walaupun seekor Pleci sudah gacor tapi tidak memiliki ciri lain seperti usia yang matang, kondisi kesehatan yang baik, atau pun birahi yang stabil, maka Pleci tersebut tidak diperkenankan mengikuti lomba. Karena hal tersebut akan berdampak burung untuk kondisi mental Pleci.

Ingat, untuk mengikut sertakan Pleci ke lomba, Anda harus memperhatikan 4 ciri Pleci siap  lomba di atas. Pasalnya, selain untuk kesehatan mental Pleci, hal ini juga untuk menghindari penampilan buruk Pleci saat lomba. Karena pada umumnya seekor Pleci yang belum memiliki ciri siap lomba akan tampil buruk saat diikutkan ke lomba.