Cara Mudah Menjodohkan Burung Pleci

Advertisement
Advertisement
Burung Pleci adalah satu dari beberapa burung yang banyak dibudidayakan kicaumania (baca: ternak pleci). Karena selain cantik, burung ini pun sangat laku dijual. Nah, dengan alasan tersebut membuat beberapa orang sengaja membudidayakan burung ini. Tapi diantara mereka ada yang berhasil dan ada yang tidak, itu semua tergantung dari cara dan metode yang digunakan peternak dalam menernak Pleci.

Tapi terlepas dari hal itu, penjodohan Pleci adalah salah satu hal yang wajib dilakukan untuk mengembangkan budidaya ini. Bagaimana tidak? jika kita tidak menjodohkan burung Pleci, maka tidak ada bakalan yang akan dijual atau pun dibesarkan. Dan jika tidak ada bakalan tersebut, maka perkembangan ternak ini tidak akan berjalan dengan baik.

pleci berjodoh

Cara-Cara untuk Menjodohkan Pleci
Pada dasarnya, menjodohkan burung kicauan itu gampang-gampang susah. Itu semua tergantung dari cara, metode, dan kondisi Pleci itu sendiri. Apabila ketiganya sesuai dan pas, maka penjodohan akan berjalan cepat dan hasilnya optimal. Tapi bila ketiganya tidak sesuai, maka penjodohan tersebut tidak akan berjalan dengan baik, begitu pun dengan hasilnya.

Akan tetapi, untuk mengoptimalkan penjodohan, beberapa Plecimania telah mencipatakan sebuah cara menjodohkan burung Pleci dengan mudah dan gampang.

Nah, adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Dekatkan sangkar calon indukan jantan dan betina sebagai media pendekatan, proses ini umumnya berjalan selama 1-2 minggu. Untuk mempercepat proses ini, Anda bisa berikan EF berupa kroto dan ulat hongkong pada kedua Pleci tersebut.
2. Setelah itu, pisahkan kedua kandang indukan tadi, dan pastikan mereka tidak saling melihat. Hal ini dilakukan untuk melihat reaksi mereka. Apabila mereka kehilangan, berarti mereka berjodoh. Tapi jika tidak, itu berarti mereka bukanlah indukan yang ideal.
3. Setelah ada indikasi kecocokan berupa perilaku Pleci yang ngeriwik, Anda bisa satukan kedua burung tersebut dalam 1 sangkar.
4. Setelah kedua Pleci ini merasa nyaman dan cocok, itu berarti mereka berjodoh.
5. Jika sudah begini, berikan kedua burung ini asupan EF yang mengandung vitamin dan protein yang berguna untuk meningkatkan birahi mereka.

Itu tadi adalah cara mudah menjodohkan Pleci. Karena cara di atas mudah, Anda bisa lakukan cara-cara di atas pada Pleci kesayangan Anda. Oh ya, agar hasilnya optimal, pastikan pilihlah indukan yang siap dan sudah matang. Selain itu, berikan juga asupan EF yang meningkatkan birahi Pleci. Karena dengan cara ini Pleci akan lebih dijodohkan satu sama lain.