Cara Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Bagus dan Indah

Advertisement
Advertisement
Sebenarnya, cara merawat bulu Pleci agar tetap bagus dan indah tidaklah sulit. Pasalnya, dalam melakukan kegiatan ini, Anda hanya perlu melakukan beberapa jenis perawatan ringan saja. Disamping itu, Anda pun harus tetap menjaga pola perawatan rutin dari Pleci itu sendiri, seperti perawatan mandi rutin, berjemur, atau pun perawatan yang lainnya.

Pasalnya, dengan perawatan tersebut, bulu yang ada pada burung Pleci akan tumbuh dan berkembang dengan sehat. Tidak hanya itu, jika Anda merawat burung ini dengan baik dan benar menggunakan perawatan rutin, maka kesehatan burung pun akan tetap terjaga dan terawat dengan baik.

pleci bulu bagus, bulu pleci bagus, pleci bagus

Tips Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Terlihat Indah dan Bagus
Agar proses merawat bulu Pleci berjalan dengan baik, dan hasil perawatan tersebut maksimal, maka Anda haruslah menerapkan beberapa kiat dan tips.

Lalu, apa saja sih kiat dan tips tersebut? Nah, adapun kiat dan tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Jangan jemur Pleci terlalu lama
Sinar matahari memang bagus untuk merangsang birahi Pleci. Akan tetapi, jika burung ini terlalu lama dijemur, maka zat lilin yang terkandung dalam bulu Pleci akan rusak, bahkan menghilang. Maka dari itu, lakukan penjemuran maksimal 1-2 jam, itu pun harus di bawah jam 10-11 pagi.

2. Mandikan Pleci secara rutin
Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan bulu, maka mandikan Pleci secara rutin dan teratur. Cara ini berguna untuk metode pembersihan kotoran yang menempel pada burung. Selain itu, cara ini pun berguna untuk menghindarkan Pleci dari gangguan kutu atau bakteri yang menempel pada tubuh Pleci.

3. Berikan Pleci asupan vitamin dan mineral
Agar bulu-bulu Pleci tumbuh dan berkembang dengan baik, maka berikanlah Ia asupan nutrisi, baik itu vitamin atau pun mineral. Nah, untuk memerikan asupan tersebut, Anda haruslah memberikan burung ini beberapa makanan seperti:
a. Wortel
b. Tomat
c. Apel
d. Jeruk

4. Berikan Pleci asupan EF yang cukup
Tips merawat bulu Pleci agar tetap bagus dan cantik ini selain berguna untuk perawatan bulu, juga berguna untuk perawatan kesehatan Pleci. Pasalnya, dengan asupan yang cukup dan baik, burung pun akan memiliki tubuh dan bulu yang sehat juga.

Sedangkan, untuk jenis EF yang berguna untuk mempercantik bulu Pleci sendiri adalah sebagai berikut:
a. Tepung daging
b. Tepung udang

Nah, itulah tadi beberapa tips jitu merawat bulu pleci agar tetap cantik dan terawat. Ingat, disamping menerapkan tips-tips di  atas, Anda juga wajib memberikan perawatan rutin untuk Pleci, seperti pemberian voer secara rutin atau pun menjaga kebersihan kandang dan sangkar Pleci.