Cara Mengatasi Pleci yang Sering Mencabuti Bulunya Sendiri

Advertisement
Advertisement
Burung Pleci adalah salah satu dari beberapa burung kicau dengan bulu yang cantik dan indah, warna yang menawan, dan bulu yang halus. Tetapi, terlepas dari hal tersebut, terkadang Pleci sering mencabuti bulunya sendiri.

Tentu hal tersebut akan menjadi masalah yang serius untuk Pleci. Pasalnya, selain kehilangan kecantikannya, Pleci pun akan mengalami kebotakan jika kebiasaan Pleci ini tidak segera ditangani. Lalu, sebenarnya apakah yang menyebabkan perilaku ini terjadi? Dan, bagaimana cara mengatasi masalah ini?

pleci mencabuti bulunya sendiri, pleci mencabuti bulu, bulu pleci

Penyebab Pleci Mencabuti Bulunya Sendiri
Seperti halnya perilaku yang sama yang terjadi pada burung kicau lainnya, Perilaku yang dialami Pleci pun umumnya disebabkan oleh hal-hal seperti:

1. Karena Pleci sedang menderita sebuah penyakit
2. Pleci mengalami kekurangan gizi dan nutrisi
3. Over birahi
4. Mental Pleci yang drop dan menurun
5. Pleci menderita iritasi pada kulit

Itulah beberapa penyebab Pleci mencabuti bulunya sendiri. Jadi, jika Pleci Anda cenderung mempunyai hal-hal di atas, maka Pleci sangat mungkin melakukan tindakan pencabutan bulunya sendiri. Kendati demikian, sebagai pemilik, Anda haruslah mencegah hal ini terjadi. Tapi jika hal ini memang sudah terjadi, Anda bisa melakukan upaya penanganan sesuai dengan cara-cara berikut.

Cara Mengatasi Pleci yang Mencabuti Bulunya Sendiri
Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Akan tetapi, dari beberapa metode tersebut, ada salah satu metode yang sangat ampuh dan banyak digunakan Plecimania dalam mengatasi hal serupa.

Nah, adapun metode yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Kurangi porsi jangkrik. Dari yang 3 ekor tiap pagi dan sore hari, kini berikan setidaknya 2 ekor saja tiap pagi dan sore harinya.
2. Hentikan pemberian EF selama proses penyembuhan berlangsung. Artinya, Pleci hanya boleh diberikan voer dan jangkrik saja.
3. Hentikan proses pemasteran selagi masa penyembuhan berlangsung.
4. Hentikan juga proses pemandian dan penjemuran Pleci untuk mempercepat proses penyembuhan.
5. Gantang sangkar Pleci pada tempat yang ruang isolasi dan terbebas dari gangguan Pleci lain dan predator.
6. Hindari pengerodongan selama proses ini berlangsung.
7. Lakukan cara ini secara intensif dan rutin. Walaupun lama, tapi hasil yang didapat dari cara ini sangatlah berguna untuk menghilangkan kebiasaan Pleci yang sering mencabuti bulunya sendiri.

Nah, itu tadi adalah metode perawatan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi Pleci yang doyan mencabuti bulu. Perlu Anda ketahui, untuk mengatasi Pleci yang sering mencabuti bulunya sendiri diperlukan waktu yang tidak sedikit. Jadi, jika Anda ingin menerapkan cara-cara di atas, Anda haruslah sabar dan tidak boleh cepat menyerah.