Cara Mengatasi Pleci Nyilet dan Kurus

Advertisement
Advertisement
Pleci adalah jenis burung kicau yang banyak disukai oleh Kicaumania. Pasalnya, selain memiliki suara yang khas, Ia juga memiliki penampilan yang unik. Dan salah satu hal unik yang dimiliki Pleci adalah kacamata yang Ia pakai. Kendati corak kulit tersebut hanya menirukan bentuk kacamata, namun hal ini menjadikan burung ini disebut dengan burung kacamata.

Berbicara mengenai Pleci, pernahkah Anda mengamati kondisi kesehatan burung ini? Atau, apakah Anda tahu apa penyakit yang kerap menjangkiti burung ini? Perlu Anda ketahui, dari beberapa penyakit yang kerap diderita Pleci, penyakit nyilet atau kuruslah yang paling umum diderita Pleci. Lalu, apa itu nyilet? Dan, apa saja sih ciri-ciri Pleci nyilet dan kurus?

pleci kurus, pleci nyilet

Apa itu Nyilet?
Nyilet adalah keadaan dimana kondisi tubuh Pleci mengalami hal yang tidak wajar. Umumnya jika seekor Pleci mengalami hal ini, Ia akan memiliki tulang yang menojol ke depan, atau yang biasa juga disebut membusung. Ia juga akan terlihat lemas dan pada kondisi terparah, Ia hanya bisa terkulai lemas di dasar sangakar saja.

Pada dasarnya hal ini sebabkan oleh beberapa hal, seperti:

1. Kekurangan gizi
2. Kekurangan porsi makanan
3. Tubuh Pleci teracuni oleh jenis logam berat
4. Pleci menderita cacingan
5. Pleci sedang menderita penyakit gondok

Cara Mengatasi Nyilet dan Kurus Pada Pleci
Pada dasarnya, cara mengatasi Pleci nyilet dan kurus sendiri tidak jauh berbeda dengan cara yang digunakan pada jenis burung lain, seperti Lovebird, Kenari, dan beberapa burung kicau lainnya.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengobati nyilet itu sendiri adalah sebagai berikut:

1. Tempatkan Pleci pada sangkar karantina dan jangan lupa tutup sangkar tersebut dengan kerodong.
2. Hentikan aktivitas berjemur dan mandi burung selama proses penyembuhan ini berlangsung
3. Untuk mempercepat penyembuhan, berikan asupan multivitamin mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh Pleci
4. Berikan obat nyilet pada Pleci, obat tersebut bisa Anda dapatkan di toko burung terdekat
5. Bersihkan sangkar Pleci sampai bersih dan terbebas dari berbagai macam kotoran

Agar proses ini berjalan dengan optimal, sebaiknya imbangi cara untuk mengatai Pleci nyilet ini dengan pemberian asupan pakan yang bernutrisi. Selain itu, berikan juga Ia perawatan yang intensif. Pasalnya, kondisi seperti ini adalah kondisi yang membutuhkan perhatian ekstra. Maka dari itu, jika Pleci Anda menderita penyakit serupa, maka rawatlah Ia dengan perawatan yang intensif dan benar.