Cara Mengatasi Kebotakan pada Pleci

Advertisement
Advertisement
Kebotakan pada Pleci tentulah merupakan hal yang amat serius bagi Plecimania. Pasalnya, jika hal ini terjadi, itu berarti burung kesayangan mereka bakal kehilangan bulu. Dengan kata lain, burung ini pun pasti tidak akan terlihat gagah dan cantik lagi. Karena tanpa bulu Pleci tidak akan memiliki karisma dn tampilan yang baik.

Maka dari itu, cegahlah hal ini sebelum benar-benar terjadi. Anda tidak mau bukan punya burung yang botak? Untuk itu rawatlah bulu burung dengan baik dan benar. Lalu, bagaimana jika kebotakan ini memang benar-benar terjadi? Jika kebotakan ini terjadi, maka segeralah lakukan tindakan penanganan menggunakan metode seperti di bawah ini.

kebotakan pada pleci, pleci botak, kebotakan pleci

Metode untuk Mengatasi Kebotakan Pada Pleci
Dalam mengatasi kebotakan pada Pleci, Anda diharapkan mengikuti dan menerapkan metode yang aman dan tidak menimbulkan resiko berbahaya. Dan salah satu metode yang dimaksud adalah metode alami. Ya, metode ini adalah metode yang tidak memiliki efek samping, jadi sangat aman digunakan untuk burung yang mengalami kebotakan.

Nah, adapun metode-metode itu sendiri adalah sebagai berikut:

1. Metode minyak kemiri
Minyak ini adalah yang mengandung zat yang amat baik untuk memperbaiki rambut dan bulu. Sedangkan cara penerapan metode ini sendiri adalah sebagai berikut:
a. Pegang burung secara perlahan.
b. Siapkan sikat gigi dan minyak kemiri.
c. Celupkan sikat pada minyak kemiri, setelah itu gosokan minyak menggunakan sikat tadi pada bagian tubuh burung yang botak, untuk menghilangkan kebotakan pada burung Pleci.
d. Setelah itu biarkan mengering.
e. Lakukan perawatan ini setidaknya selama 6-7 hari berturut-turut.
f. Untuk mempercepat pertumbuhan bulu, sebaiknya gunakan BirdMineral yang bisa didapatkan di toko burung terdekat.

2. Metode lidah buaya
Lidah buaya adalaha tanaman yang mengandung glycoprotein yang membantu mempercepat pertumbuhan bulu. Adapun penerapan metode ini sendiri adalah sebagai berikut:
a. Pegang burung dengan rileks dan tenang.
b. Ambil lidah buaya lalu iris-iris.
c. Setelah itu, gosokan bagian lendiri atau isi lidah buaya tersebut ke bagian tubuh burung yang botak.
d. Lakukan cara ini sedikitnya 6-7 hari secara rutin.
e. Untuk merangsang pertumbuhan bulu, Anda bisa berikan BirdMieral untuk burung.

Pada dasarnya, mengatasi kebotakan pada burung Pleci itu amatlah mudah, asalkan tahu cara dan metode yang tepat untuk digunakan. Sedangkan untuk mempercepat proses pertumbuhan bulu sendiri, Anda bisa berikan burung ini pakan yang mengandung vitamin yang bagus untuk keratin. Atau, jika Anda tidak bisa memberikan pakan yang dimaksud, Anda bisa memberikan burung ini BirdMineral yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan bulu.