Tips Perawatan Pleci yang Susah Ngalas Ngeroll

Advertisement
Advertisement
Merawat Pleci adalah sebuah kegiatan yang sangat mengasyikan (baca: ternak pleci), terlebih lagi jika burung  yang Kita rawat suka ngeroll dan ngalas. Hal itu pasti sangat membahayakan sekali. Pasalnya, kebahagiaan Plecimania dalam merawat burung  adalah saat melihat dan mendengar burung yang dirawat ngeroll dan ngalas.

Akan tetapi, tidak semua burung ini mudah dirawat dan dilatih untuk ngeroll loh. Karena ada beberapa Pleci yang susah ngalas dan ngeroll. Terkadang, untuk melatih dan merawat Pleci tersebut tidaklah mudah, karena harus menggunakan bebeerapa metode khusus. Disamping itu, asupan pakan untuk Pleci seperti juga harus benar-benar terjaga dengan baik.

pleci ngalas, pleci ngerol

Perawatan Pleci yang Susah Ngalas Ngeroll
Pada dasarnya, perawatan untuk burung yang susah ngeroll dan ngalas itu haruslah intensif dan rutin. Dengan kata lain, jika Anda mengahadapi masalah seperti ini, Anda mesti merawat burung ini dengan sabar, tekun, dan berkelanjutan. Lalu, apa saja perawatan yang dimaksud? Dan, bagaimana penerapan perawatan tersebut?

Nah, berikut ini adalah tips perawatan Pleci yang susah ngalas ngeroll yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Lakukan pengembunan seetiap pagi hari, dari jam 5 sampai jam 7 pagi. Jika Anda memiliki burung  lebih dari satu, lakukan metode ini secara bersamaan, dengan cara dijejer dengan rapih. Ingat, atur juga jaraknya agar tidak terlalu dekat dan jauh.
2. Setelah jam 7 pagi, jemur burung tersebut di bawah terik matahari. Oh ya, pisahkan juga sangkar Pleci yang dijejer tadi agar burung ini saling panggil dan mengahut satu sama lain.
3. Lakukan cara seperti secara intensif dan rutin, setidaknya sampai burung benar-benar mau berkicau, ngalas, atau pun ngeroll.
4. Jika pengembunan dan penjemuran tadi sudah selesai, Anda bisa tempatkan burung ini di ruangan khusus, entah itu di dalam rumah atau pun ruangan lainnya.

Untuk melatih Pleci yang susah ngalas dan ngeroll agar mau ngeroll, Anda bisa tempatkan sangkar burung ini di tengah-tengah burung yang sudah gacor. Pasalnya, dengan cara ini burung akan merasa tertantang untuk membalas kicauan temannya. Tapi ingat, pastikan mental burung yang mau dilatih ini benar-benar sudah siap. Karena jika tidak, bisa-bisa burung tersebut kikuk, dan ujung-ujungnya mentalnya pun akan drop.