Profil Burung Pleci Wangi Wangi Paruh Kuning

Advertisement
Advertisement
Burung Pleci, siapa yang tidak mengenali burung canrik yang satu ini? Dengan warna hijau yang memikat, karakter suara yang khas, dan lenggok tubuh yang cantik membuat burung ini masuk ke jajaran burung peliharaan favorit di Indonsia, bahkan dunia. Dari kelebihannya ini, banyak sekali kontes yang mempertandingkan burung cantik ini. Dan untuk sang juara, mereka berhak atas trofi dan hadiah menarik.

Tapi, jika berbicara mengenai Pleci, tahu Anda jika di Wakatobi telah ditemukan Pleci spesies baru? Ya, nama burung tersebut adalah Pleci wangi-wangi paruh kuning. Ingin tahu profil lengkap burung ini? Ingin tahu ciri fisik, habitat, dan hal lainnya tentang burung ini? jika iya, yuk kita simak materi menarik tentang burung ini.

pleci paruh kuning

Profil Singkat Burung Pleci Wangi-Wangi Paruh Kuning
Pada dasarnya, burung ini mirip dengan burung Pleci. Hanya saja, ada beberapa ciri fisik yang membedakan burung ini dengan burung Pleci. Dan salah satu ciri yang menonjol tersebut terletak pada paruhnya. Paruh burung ini berwarna kuning, sedangkan paruh Pleci berwarna kitam kecoklatan. Menurut penemunya sendiri, Nicolah Merpes, jenis burung ini ada burung yang baru ditemukan. Dengan kata lain, Ia sendiri tidak tahu, apakah burung ini masuk ke dalam jenis Pleci atau pun tidak.
Tapi yang jelas, ciri fisik burung ini hampir sama dengan burung Pleci pada umumnya. Nah, untuk lebih jelasnya tentang burung ini, berikut adalah profil burung Pleci wangi-wangi paruh kuning:
1. Nama burung: Pleci wangi-wangi
2. Nama ilmiah burung: Zosterof sp. Nov
3. Tahun ditemukan: tahun 2003
4. Lokasi ditemukannyab burung: kepulauan Wakatobi, Sulawesi Sulawesi Tanggara
Adapun ciri-ciri dan bentuk fisik dari burung ini sendiri adalah sebagai berikut:
1. Memiliki postur yang lebih besar dari burung Pleci pada umumnya.
2. Memiliki paruh kuning.
3. Memiliki ukuran kepala yang relatif lebih besar daripada Pleci pada umumnya.
4. Memiliki alis yang menyerupai kacamata yang melingkar di matanya.
Alasan mengapa burung ini disebut burung Pleci wangi-wangi paruh kuning, adalah karena bentuk fisik burung dari burung yang ditemukan di Pulau Wangi-Wangi ini hampir sama dengan Pleci. Adapun mengapa Ia disebut burung Pleci paruh kuning, adalah karena Ia memiliki paruh yang berwarna kuning.