Pleci Wangi Wangi, Burung Berkacamata Berparuh Kuning dari Kepulauan Wakatobi

Advertisement
Advertisement
Pleci Wangi Wangi adalah salah satu jenis burung yang baru ditemukan. Menurut peneliti asal Irlandia, burung ini sejatinya sangat mirip dengan burung Pleci. Hanya saja Ia memiliki paruh dengan warna kuning cerah, berbeda dengan burung kembarannya yang memiliki paruh berwarna coklat kehitaman.

Tapi terlepas dari itu semua, burung ini sendiri masih dipedebatkan, apakah masuk ke dalam jenis burung kacamata atau tidak? Tapi yang jelas, burung ini sangatlah cantik dan indah. Lalu, seperti apa sih rupa burung cantik ini? Untuk lebih jelasnya, yuk Kita simak profil singkat burung cantik ini.

pleci wangi wangi, pleci wangi, pleci paruh kuning

Profil Burung Pleci Wangi Wangi  
Layaknya burung kicau pada umumnya, burung ini pun memiliki profil dan ciri layaknya burung kicau. Tapi, kendati sama-sama memiliki profil, bukan berarti burung ini memiliki profil yang sama dengan yang lainnya. Lalu, jika berbeda, seperti apakah profil burung Pleci Wangi Wangi yang dimaksud?

Nah, berikut ini adalah profil singkat tentang burung berkacamata ini:

1. Nama satwa: burung Kacamata berparuh kuning atau yang biasa disebut Pleci paruh kuning.
2. Nama Latin: Zosterops sp. Nov
3. Lokasi dan habitat: Pulau Wangi Wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara
4. Tahun penemuan: 2003
5. Penemu satwa: Nicola Marples

Burung ini adalah burung asli Pulau Wangi Wangi. Saat ditemukan, burung ini sedang berada pada pulau yang terletak di Kepulauan Wakatobi tersebut. Dengan kata lain, burung ini ada kemungkinan memiliki habitat di pulau-pulau lain di Wakatobi, jadi bukan di Pulau Wangi Wangi saja.

Ciri-Ciri Burung Pleci Wangi Wangi
Jika tadi Kita membahas tentang profil burung ini, nah berikut adalah ciri-ciri Pleci Wangi Wangi yang harus Anda ketahui:

1. Memiliki paruh berwarna kuning
2. Badan burung ini cenderung lebih besar dari jenis burung kacamata lainnya
3. Bulu pada tubuhnya berwarna kuning cerah

Meski pun cantik, namun burung belum terlalu terkenal, apalagi dibudidayakan. Pasalnya, burung ini sendiri masih memiliki sifat yang amat liar. Kendati liar, namun burung ini pun masih tetap memiliki ciri khasnya sebagai burung kicauan, yaitu memiliki suara kicauan yang merdu dan enak didengar.

Tapi pada intinya, setelah menyimak materi tentang Pleci Wangi Wangi, burung berkacamata berparuh kuning dari kepualaun Wakatobi ini, diharapkan Anda memiliki referensi lebih akan spesies dan jenis burung kacamata itu sendiri.