Pleci Jepang Keren Sekali, Sudah Adakah di Indonesia?

Advertisement
Advertisement
Pleci Jepang adalah salah satu burung yang sedang hits untuk saat ini. Pasalnya, belakangan ini Ia sedang diburu oleh kolektor burung. Hal tersebut terjadi karena keistimewaan dari burung ini sendiri. Karena selain memiliki suara yang aduhai, burung ini pun memiliki tampilan yang imut dan cantik.

Oh ya, burung yang bernama latin Zosterops Japonicus ini sangat diminati di negeri Jepang sana. Bahkan demam burung kicau disana sudah ada sejak zaman dahulu. Maka dari itu, tidak heran jika negeri sakura tersebut memiliki spesies burung cantik seperti ini.

pleci asal jepang, pleci jepang

Profil Pleci Jepang yang Keren
Burung ini adalah salah satu dari beberapa burung yang pintar loh. Bagaimana tidak? selain memiliki suara isian yang banyak, Pleci Jepang yang keren ini juga sangat mudah dilatih. Wah hebat juga yah? Tapi itu saja tidak cukup. Pasalnya, burung ini sendiri memiliki profil unik yang layak untuk Kita bahas.

Adapun profil dari burung ini sendiri adalah sebagai berikut:

1. Nama internasional burung: Japanese whaite-eye
2. Nama latin burung: Zosterops Japonicus
3. Habitat: Hutan di daerah Jepang dan sekitarnya
4. Makanan: Serangga dan buah

Ciri Fisik Pleci Jepang
Untuk ciri fisik sendiri, burung ini tidak memiliki ciri yang terlalu menonjol. Hanya saja jika dibandingkan dengan jenis lainnya, burung ini cenderung jauh lebih kecil dan imut. Akan tetapi, walaupun Pleci Jepang ini imut, bukan berarti suara yang Ia miliki juga imut. Pasalnya, burung ini memiliki suara yang tidak kalah baiknya dengan burung-burung asli Indonesia. Lalu, seperti apa sih ciri fisik yang Ia miliki?

Berikut ini adalah ciri fisik dari burung ini:

1. Memiliki warna bulu yang dominan hijau zaitun
2. Memiliki tubuh yang cenderung ramping dan kurus
3. Panjang tubuh rata-rata burung ini sekitar 10-11 cm
4. Memiliki bobot tubuh sekitar 9-12 gr
5. Memiliki bulu dengan warna hijau pucat di bagian perut
6. Paruh, kaki, dan paha burung ini berwarna coklat kehitaman

Ciri-ciri fisik Pleci Jepang yang keren di atas pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan burung kacamata yang ada di Indonesia. Kendati demikian, burung ini sejatinya memiliki ciri yang cukup mudah dikenali, yaitu ukurannya yang cenderung kecil dan warna bulu hijau zaitun. Jadi, Anda bisa gunakan ciri tersebut sebagai ciri utama untuk mengenali burung yang satu ini.