Pleci Diare atau Mencret, Cara Mengatasinya?

Advertisement
Advertisement
Pleci yang diare atau mencret sangatlah sering Kita temui, apalagi jika kualitas kandang dan pakan burung ini berkualitas kurang baik dan jelek. Pasalnya, lingkungan yang jelek dan tidak terawat adalah penyebab nomor satu timbulnya penyakit diare pada burung. Bahkan bukan hanya burung, Anda pun jika harus berada di tempat yang kotor pasti kemungkinan terserang diare cuku besar bukan?

Maka dari itu, cegahlah hal tersebut dengan merawat dan membersihkan sangkar dan kandang burung setiap hari. Meskipun melelahkan, tapi kegiatan seperti ini akan bermanfaat untuk kesehatan burung yang Anda rawat. Oh ya, penyebab diare pada burung bukan hanya itu saja, karena ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat burung terserang diare. Lalu, apa saja penyebab tersebut? Untuk lebih jelasnya, yuk Kita simak materi di bawah ini.

pleci diare, pleci mencret

Penyebab Pleci Diare atau Mencret
Penyebab Pleci diare atau mencret pada dasarnya berkaitan dengan kebersihan. Baik itu kebersihan atau pun kandang, keduanya sangat berpengaruh untuk kondisi ini. Akan tetapi, selain hal tersebut, ada beberapa hal lain yang menimbulkan penyakit ini.

Nah, adapun penyebab tersebut adalah sebagai berikut:

1. Burung tertular diare dari temannya
2. Cepuk pakan kotor dan tidak terawat
3. Lingkungan sekitar sangkar kotor
4. Air minum yang diberikan ke burung tidak bersih
5. Sangkar yang kotor
6. Pakan voer yang berjamur dan kurang bersih

Cara Mengatasi Mencret atau Diare Pada Pleci
Jika burung Anda terindikasi mengalami diare, maka segeralah tangani dengan metode penanganan diare atau mencret pada Pleci seperti berikut:

1. Pisahkan burung yang diare dari burung yang sehat.
2. Kemudian bersihkan segala pernak perik yang digunakan burung, baik itu cepuk pakan dan minum, keramba, dan juga sangkar yang digunakan burung.
3. Setelah itu berikan burung ini obat diare.
4. Tetap berikan pakan seperti biasa. Tapi ingat, pastikan pakan yang digunakan haruslah bersih dan terbebas dari kotoran.
5. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa berikan multivitamin untuk burung yang sakit tersebut.

Perlu Anda ketahui, peraawatan di atas hanya bisa digunakan untuk burung yang memang sudah terindikasi mengalami diare saja. Dengan kata lain, cara mengatasi Pleci diare atau mencret di atas tidak boleh diterapkan untuk burung-burung yang sehat. Tapi untuk pembersihan, pemberian pakan yang bersih, dan pemberian multivitamin wajib Anda lakukan untuk pencegahan diare.