Mengenal Kacer Madagaskar dan Ciri-cirinya

Advertisement
Advertisement
Kacer Madagaskar, tahukah Anda apa dan bagaimana rupa dan kerakter burung ini? Perlu Anda ketahui, burung Kacer di dunia ini terdiri dari beberapa jenis, dan jenis-jenis tersebut tersebar dan terbagi di beberapa negara dan daerah. Sedangkan untuk Indonesia sendiri, jenis Kacer yang biasa kita kenal adalah Kacer poci atau Sumatera dan Kacer Jawa (baca: jenis kacer).

Akan tetapi, di samping kedua jenis Kacer tadi, ternyata ada satu jenis Kacer lagi yang populer dan banyak digemari pecinta burung. Menurut mereka, Kacer yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang sangat ideal. Di samping itu, Kacer ini juga memiliki bulu yang sangat indah, dan ciri dari Kacer ini yang populer adalah siratan warna biru di bulu bagian leher dan punggungnya.

kacer madagaskar

Oh ya, walaupun Kacer ini banyak digemari oleh kicaumania, tapi keberadaan Kacer  Madagaskar ini di Indonesia sangatlah sedikit. Pasalnya, burung yang satu ini memang berasal dari Magaskar. Kalau pun ada, itu berarti diimpor langsung dari Madagaskar, Afrika.

Mengenal Kacer Madagaskar
Seperti yang kami sampaikan  di atas, bahwasanya Kacer yang satu ini adalah Kacer asli dari Madagaskar, Afrika. Maka itu artinya, harga jual dari Kacer ini cenderung mahal. Pasalnya, Kacer ini memang langsung didatangkan dari Madagaskar. Demikian, harga tersebut sudah termasuk dari ongkos pengiriman Kacer tersebut dari Magaskar ke Indonesia.

Tapi tahukah Anda, selain memiliki harga yang mahal, burung yang satu ini juga memiliki karakter dan spesifikasi yang unik dan berbeda dengan jenis Kacer lainnya.

Adapun spesifikasi dari jenis Kacer Madagaskar ini sendiri adalah sebagai berikut:

1. Jenis Kacer Madagaskar
Perlu Anda ketahui, Kacer yang satu ini tidak hanya memiliki satu jenis dan spesies saja. Akan tetapi, Ia memiliki setidaknya tiga jenis dan spesies, diantaranya:

a. Pica
b. Albospocullaris
c. Inexpetatus

2. Habitat
Layaknya jenis Kacer pada umumnya, Kacer yang satu ini juga memiliki habitat yang sama dengan Kacer yang lain. Dan habitat dari Kacer ini sendiri adalah ada di hutan daerah Madagaskar, Afrika.

3. Bentuk dan ciri fisik
Jika berbicara mengenai bentuk tubuh dari Kacer ini, sebenarnya bentuk tubuhnya tidak jauh berbeda dengan jenis Kacer yang lain. Hanya saja, di beberapa kesempatan, Anda akan melihat Kacer ini sering membusungkan dadanya. Tapi di luar itu semua, Ia memiliki ciri fisik yang mudah dikenali, terutama bagi kita yang masih awam dengan Kacer yang satu ini.

Adapun ciri fisik dari Kacer Madagaskar ini adalah sebagai berikut:

a. Memiliki warna bulu yang lebih lembut dan cantik daripada jenis Kacer yang lain.
b. Kacer ini memiliki pantulan warna biru pada bulu di bagian leher, punggung, dan juga ekornya.
c. Memiliki kebiasaan membusungkan dada saat berkicau.

Itulah beberapa spesifikasi dari Kacer Madagaskar. Sedangkan untuk urusan pakan, Kacer ini sama dengan jenis Kacer yang lain, baik itu pakan utama atau pun pakan tambahan. Lalu, untuk urusan perawatannya pun juga sama dengan perawatan Kacer pada umumnya. Jadi, jika Anda ingin memelihara Kacer ini, Anda pun bisa merawatnya dengan pola perawatan yang sama dengan jenis Kacer lainnya.