Mengatasi Pleci Sakit Sesak Nafas

Advertisement
Advertisement
Keadaan lingkungan yang ekstrim terkadang sering membuat Pleci sakit sesak nafas. Jika hal ini terjadi, pastilah akan merepotkan sang pemilik. Bagaimana tidak? jika hal ini terjadi, pemilik pasti kerepotan untuk merawat dan mengobati burung ini. Selain itu, karena kondisi ini terjadi, pemilik pun sampai rela puasa mendengarkan kicauan sang burung peliharaan.

Lalu, jika penyakit ini menyerang peliharaan Kita, apa yang sebaiknya Kita lakukan? Nah, bila burung kesayangan Anda mengalami hal ini, tindakan yang paling Anda lakukan adalah dengan mengatasi dan menganani hal ini dengan sesegera mungkin. Karena jika tidak, burung Anda pasti akan tersiksa karena kesulitan nafas.

pleci sakit nafas, pleci sakit

Cara Mengantasi Pleci yang Sakit Sesak Nafas
Jika hal ini terjadi pada burung Anda, maka segeralah lakukan penanganan dengan menerapkan penanganan Pleci yang sakit sesak nafas dengan segera. Lalu, seperti apa dan bagaimana penanganan tersebut? Pada dasarnya penanganan ini adalah pola perawatan seperti biasa. Hanya saja, untuk mempercepat kesembuhan burung tersebut, ada beberapa perawatan yang memang disesuaikan dengan kondisi ini.

Nah, berikut ini adalah pola perawatan untuk mengatasi sesak nafas pada burung kacamata ini:

1. Tempatkan sangkar pada tempat yang hangat
2. Tutup ketiga sisi sangkar menggunakan kertas untuk menghindari tiupan angin.
3. Untuk meringankan sesak nafas yang diderita burung, Anda bisa tempatkan minyak angin yang telah dicampur air di dalam sangkar.
4. Jika burung ini memiliki lendiri saat sakit, Anda bisa membersihkannya menggunakan cotton bud yang telah steril dan bersih.
5. Jauhkan burung Pleci yang sakit sesak nafas dari burung-burung yang masih sehat. Karena selain untuk mengoptimalkan perawatan, hal ini juga untuk mencegah burung yang sehat tertular penyakit yang sama.
6. Berikan asupan makan dan minum yang ideal dan bergizi.
7. Untuk menjaga kondisi fisik burung agar tetap fit, Anda bisa berikan burung ini multivitamin.
8. Hindari proses pemandian burung saat dalam proses penyembuhan.
9. Tetap lakukan penjemuran untuk burung, dari jam 8-10 pagi.

Ingat, agar hasil yang didapat bagus, lakukan perawatan ini secara rutin dan intensif. Karena dengan cara di atas, burung akan cenderung sembuh lebih cepat. Oh ya, untuk menjaga asupan nutrisi, selain mengatasi Pleci sesak nafas dengan cara di atas, Anda juga harus tetap memberikan burung ini asupan EF yang bergizi, baik itu serangga ataupun buah.