Menangkar Pleci Perlu Banyak Protein dan Kalsium

Advertisement
Advertisement
Menangkar burung Pleci adalah kegiatan yang banyak digeluti akhir-akhir ini. Karena selain asyik, kegiatan ini pun dapat mendatangkan keuntungan. Pasalnya, setiap anakan yang ditetaskan oleh indukan burung bisa langsung Kita jual. Dan setiap bulan, burung sendiri menghasilkan setidaknya 3-4 telur yang siap ditetaskan.

Akan tetapi, menangkar burung ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Pasalnya, ada saja masalah yang akan ditemui, dari mulai burung yang sakit, anakan yang mati, sampai burung yang kekurangan nutrisi. Dan dari ketiga hal tersebut masalah burung yang sakit adalah masalah yang paling umum ditemui.

pleci stres

Menangkar Burung Pleci
Untuk mencegah sakitnya burung, Kita mestinya menjaga asupan nutrisi yang masuk, seperti vitamin, protein, dan kalsium. Dan dari nutrisi-nutrisi di atas, protein dan kalsium adalah nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan burung. Maka dari itu, menangkar Pleci perlu banyak protein dan kalsium.

Karena disamping membantu perkembangan burung semakin baik, kedua nutrisi ini pun dapat membantu mencegah timbulnya penyakit pada burung itu sendiri. Lalu, penyakit apa saja yang dapat timbul jika brun kekurangan protein dan kalsium? Nah, penyakit tersebut adalah kelumpuhan mendadak. Ya, penyakit ini umumnya terjadi saat seekor burung benar-benar kekurangan asupan protein dan kalsium.

Lalu, untuk mencegah hal tersebut, tindakan apa yang harus Kita lakukan:

1. Memberikan asupan EF yang mengandung protein, seperti:

  • Jangkrik 
  • Ulat kandang 
  • Kroto 

2. Memberikan asupan voer yang berkualitas baik.
3. Memberikan perawatan harian dengan baik dan benar.
4. Maksimalkan proses penjemuran burung.
5. Berikan multivitamin khusus burung setiap hari bila perlu.
6. Memberikan asupan buah-buahan yang segar, seperti:

  • Pepaya 
  • Pisang 
  • Apel 

7. Memberikan ramuan telur dan madu bila perlu.
8. Memberikan kebutuhan nutrisi tambahan, berikan vitamin OrBird yang memiliki manfaat yang kompleks.

Pada dasarnya perawatan di atas adalah perawatan biasa, dan sangat mudah dilakukan. Tapi, perawatan di atas sangatlah membantu untuk mencegah kekurangan asupan protein dan kalsium yang terjadi pada burung. Jadi, karena menangkar burung Pleci perlu banyak protein dan kalsium, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan perawatan seperti di atas pada burung kesayangan Anda.