Cara Menjinakan Burung Pleci Termudah

Advertisement
Advertisement
Burung Pleci, siapa yang tidak tahu burung yang bersuara emas ini? Selain memiliki suara emas, burung ini pun memiliki ciri khusus di matanya, yaitu pola kacamata. Ya, pola ini nampaknya memberikan keunikan tersendiri. Tidak hanya itu, pola ini pun terkadang menjadi sebuah ciri khusus bagi Pleci itu sendiri.

Tapi tahukah Anda, dimana habitat dan asal dari burung ini? Perlu Anda katahui, burung ini merupakan jenis burung asli Pulau Sanghae. Sedangkan untuk habitatnya sendiri, burung ini sering kali tersebar di beberapa hutan sub tropis. Dengan habitat asli seperti itu, terkadang untuk menjinakan burung yang satu ini amatlah susah dan tidak mudah, apalagi jika burung tersebut merupaka burung liar yang baru ditangkap.

pleci jinak

Cara Mudah Menjinakan Burung Pleci
Sebenarnya cara mudah menjinakan burung Pleci ini sangatlah banyak, tergantung dari kebutuhan dan kondisi Pleci itu sendiri. Akan tetapi, beberapa Plecimania terkadang hanya menggunakan 3 strategi saja untuk menjinakan burung yang satu ini.

Adapun strategi  tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pemberian pakan
Untuk membuat seekor Pleci jinak, Anda bisa menggunakan strategi yang satu ini. Caranya adalah dengan membiarkan tempat pakan Pleci tersebut kosong dari mulai malam sampat pagi hari, jika sudah begitu, maka Pleci tentu akan kelaparan bukan?

Nah, pada pagi harinya, Anda berikanlah burung tersebut satu ekor jangkrik, dan letakan di lantai sangkar. Kemudian tunggulah Ia sampai mau makan, biarkan Ia terbiasa dengan keberadaan Anda di dekatnya. Akan tetapi, jika Ia masih saja tidak mau makan, maka berikan jangkrik tersebut pada tempat pakan Pleci, dan biarkan burung tersebut memakannnya.

2. Menempatkan sangkar Pleci di tempat yang ramai
Cara menjinakan Pleci yang satu ini wajib Anda terapkan. Pasalnya, selain mudah dan gampang, cara ini pun berguna untuk melatih mental Pleci agar terbiasa dengan keramaian dan keberadaan orang banya.

Adapun caranya sendiri, Anda bisa menggantangkan sangkar burung ini pada tiang dengan ketinggian yang sedang. Lalu, biarkan burung tersebut membiasakan diri dengan keberadaan manusia.

Disamping cara menjinakan burung Pleci termudah di atas, ada satu cara ampuh lagi, yaitu dengan memandikan burung ini sampai basah kuyup. Menurut beberapa Plecimania, cara yang satu ini sangatlah ampuh untuk menjinakan seekor Pleci. Pasalnya, dengan memandikan burung tersebut, kondisi ketakutan burung akan manusia akan berkurang dan hilang.