Cara Mengatasi Pleci yang Tiba-Tiba Lumpuh

Advertisement
Advertisement
Terkadang seekor Pleci terlihat lemas dan lemah, tidak nafsu makan dan terlihat tersungkur di dasar sangkar seperti lumpuh. Walaupun Pleci tersebut diberi makan, terkadang mereka enggan untuk mengambil dan memakan makanan mereka. Saat hal serupa terjadi pada Pleci Anda, ada indikasi bahwa Pleci tersebut kekurangan asupan mineral dan kalsium.

Perlu Anda katahui, kedua zat di atas sangat membantu proses pengolahan protein dan  vitamin di tubuh Pleci. Jadi, jika seandainya Pleci kekurangan mineral dan kalsium, maka pengolahan vitamin dan protein di tubuh Pleci akan terganggu. Dan akibatnyab tentu bisa Anda tebak, Pleci tersebut akan terlihat lemas, kurang bertenaga, bahkan bisa tiba-tiba lumpuh.

pleci lumpuh

Oh ya, saat kondisi ini terjadi, umumnya Pleci akan terserang anemia terlebih dahulu. Dengan demikian, tubuh Pleci akan terlihat drop, lemas, lunglai, dan tidak bergairah. Maka dari itu, kondisi seperti ini harus ditangani dengan cara mengatasi Pleci yang tiba tiba lumpuh karena anemia dengan segera. Selain untuk memulihkan kondisi Pleci, hal ini juga dilakukan untuk kesembuhan Pleci itu sendiri.

Adapun cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sembuhkan anemia yang diidap Pleci dengan memberinya multivitamin yang mengandung kandungan B12 dan B-Complex yang tinggi.
2. Jika burung masih mau makan, berikanlah Ia asupan makanan kesukaanya. Akan tetapi, untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda harus menaburkan suplemen atau pun vitamin pada makanan tersebut.
3. Hindari memegang dan kontak fisik terhadap Pleci yang tiba-tiba lumpuh tersebut saat kondisi seperti ini. Pasalnya, Pleci yang sedang dalam kondisi seperti ini akan merasa kesakitan saat dipegang.
4. Saat kondisi seperti ini, berikanlah asupan pakan dengan cara injeksi. Menurut Plecimania, cara ini sangat ampuh untuk membuat Pleci tersebut mau makan dan memakan makanannya. Tapi ingat, hindari kontak fisik pada Pleci. Karena saat Anda memegang atau pun menyentuh Plecil, burung tersebut akan sangat kesakitan.

Itu tadi adalah cara mengatasi Pleci yang tiba tiba lumpuh. Jadi, jika Anda mengalami hal yang sama, Anda bisa menerapkan beberapa cara di atas untuk mengatasi kondisi yang sama. Sedangkan jika Pleci tersebut sudah sembuh dan membaik, Anda harus rajin memberinya asupan vitamin dan meneral, baik itu dalam bentuk suplemen, multivitamin, atau pun makanan tambahan.