Cara Mengatasi Pleci yang Stres

Advertisement
Advertisement
Bagaimana cara mengatasi Pleci yang stres dan cenderung pasif dalam sangkar? Pertanyaan tersebut mungkin akan Anda tanyakan saat melihat peliharaan Anda sedang stres. Pada dasarnya, penyebab stres ini sendiri sendiri beragam. Namun, ada beberapa penyebab yang paling umum dijumpai.

Penyebab tersebut pada dasarnya bukan hanya terjadi pada Pleci, tapi juga terjadi pada burung kicau lainnya. Seperti Murai Batu, Lovebird, Kacer, Cendet, dan beberapa jenis burung kicau lainnya. Tapi yang jelas, penyebab ini sendiri muncul karena faktor lingkungan, perawatan, dan faktor dari diri Pleci itu sendiri.

pleci stres

Penyebab Stres Pada Pleci
Dalam mengatasi sebuah masalah Kita mesti tahu akar dari masalah tersebut bukan? nah, begitu pun dalam mengatasi Pleci yang stres. Untuk melakukan hal tersebut, Anda haruslah tahu dan mengerti apa penyebab dari stresnya Pleci. Lalu, setelah Anda tahu dan mengerti akan penyebab tersebut, barulah Anda lakukan tindakan sesuai dengan penyebab terjadinya stres itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa penyebab stresnya Pleci yang paling banyak dijumpai oleh Plecimania:

1. Faktor lingkungan yang tidak kondusif.
2. Perawatan yang diberikan tidak sesuai dan menyebabkan Pleci merasa tidak nyaman.
3. Pemberian pakan yang sembarang.

Cara Ampuh Mengatasi Pleci yang Stres
Setelah Anda sudah tahu penyebab stresnya Pleci itu apa, barulah Anda bisa lakukan tindakan penanganan sesuai dengan penyebab stres itu sendiri. Akan tetapi, untuk hasil yang optimal, disamping melakukan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya, Anda juga bisa melakukan perawatan khusus untuk mengatasi burung Pleci yang stres.

Nah, berikut adalah perawatan yang harus dilakukan untuk mengatasi Pleci yang sedang mengalami stres:

1. Lakukan penjemuran setidaknya 3 jam setiap pagi, tanpa makan atau pun minum.
2. Setalah proses penjemuran selesai, Anda bisa lanjutkan dengan memberikan pakan khusus, seperti:

a. Buah pepaya segar
b. Madu
c. Air
d. Larutan penyegar

3. Lakukan kedua cara di atas secara rutin dan intensif sedikitnya 3 hari berturut-turut.

Selain perawatan di atas, Anda juga harus memperhatikan tempat penggantangan Pleci. Pastikan tempat tersebut bebas dari kebisingan atau pun gangguan yang bisa membuatnya stres. Dan untuk hasil yang optimal, sebaiknya metode untuk mengatasi Pleci yang stres di atas haruslah diimbangi dengan perawatan yang baik dan benar.